Pertamina Salurkan Ribuan Bantuan Senilai Rp250 M Atasi Covid-19

Perusahaan-perusahaan yang tergabung ke dalam BUMN terus memberikan bantuan dalam menangani pandemi virus Corona (Covid-19) yang mewabah di Indonesia. Salah satu perusahaan BUMN, PT Pertamina (Persero) turut melakukan kontribusi dengan memberikan bantuan senilai Rp250 miliar.

VR. Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, dalam satu bulan terakhir Pertamina telah menyalurkan ribuan bantuan. Bantuan tersebut berupa Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 yang tersebar di wilayah Indonesia.

“Dalam lebih kurang 1 bulan ini, sudah 24.000 APD dan 1.450 unit kacamata pengaman (goggle) yang kita berikan untuk tenaga medis. Kita juga telah memberikan sebanyak 1.140.000 lembar masker untuk posyandu, puskesmas, rumah sakit, customer SPBU, operator SPBU, awak mobil tangki dan masyarakat,” ujarnya.

PertaminaSiagaCovid19 by pertamina.com

Pertamina juga memberikan 30.700 liter hand sanitizer, 150 wastafel portabel dan 260.000 sarung tangan untuk posyandu, puskesmas, rumah sakit, customer SPBU, operator SPBU, awak mobil tangki dan masyarakat.

Selain itu, Pertamina juga membuat sebanyak 104 unit disinfektan chamber, membagikan 643 unit thermal gun (pengukur suhu tubuh), membagikan 300 unit ventilator untuk rumah sakit BUMN dan 300.000 vitamin untuk tenaga medis, awak mobil tangki, operator SPBU dan masyarakat.

Tak hanya memberikan bantuan, Pertamina juga melakukan penyemprotan disinfektan di 387 lokasi, di antaranya sekolah, tempat ibadah, SPBU dan fasilitas umum.

“Pertamina juga melakukan renovasi fasilitas dan alat kesehatan di rumah sakit rujukan Covid-19 dengan total biaya mencapai Rp130 miliar. Kita juga memberikan 230.000 unit rapid test yang diprioritaskan untuk rumah sakit dan klinik Pertamina di seluruh Indonesia,” ucap Fajriyah.

Salah satu penerima manfaat tersebut, yakni Gubernur Riau Syamsuar. Dirinya memberikan apresiasi atas bantuan yang diberikan Pertamina di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau pada Selasa lalu (14/4). Bantuan yang diberikan oleh Pertamina, di antaranya 650 APD untuk tim medis, 30 jeriken hand sanitizer, 300 lembar masker kain dan 10 tabung gas Elpiji 50 kilogram untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pertamina karena bergerak cepat untuk menyediakan kebutuhan APD, pembersih tangan antiseptik serta Elpiji 50 kg. Barang-barang ini tentu sangat berguna bagi kami dalam penanganan Covid-19 di Riau,” imbuhnya.

(Sekar/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.