Tekan Dampak Covid-19, Pemprov Jateng Borong 3 Juta Masker Kain Produksi UKM

Melihat jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia yang semakin meningkat dan dampak yang semakin besar diterima oleh pelaku usaha, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) memborong 3 juta masker kain yang diproduksi oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Dengan menelan anggaran sebesar Rp10 miliar, program tersebut dilakukan untuk membantu pelaku UKM yang terdampak wabah Covid-19.
“Dalam Jaring Pengaman Ekonomi, kami membagi ada tiga penanganan, yakni darurat, jangka pendek dan menengah. Sekarang ini, penanganan darurat dan harus direspon cepat agar para pelaku UKM bisa tertolong, tutur Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jateng.
Program pembelian masker dari para pelaku UKM ini merupakan tindakan darurat. UKM yang bergerak di bidang fesyen, didorong untuk membuat masker dan hasilnya dibeli oleh pemerintah. Inilah cara kita mendorong dan menstimulus ekonomi di masyarakat agar tetap bisa berjalan, lanjutnya.


Kepala Dinkop UKM Jateng, Ema Rachmawati menambahkan, program 3 juta masker merupakan ide Gubernur Jateng untuk melindungi UKM agar tidak gulung tikar. Para pelaku UKM di bidang fesyen dan jahit yang ada di bawah naungan Dinkop UKM, semuanya diberdayakan untuk mengikuti program ini. Sampai saat ini, sudah ada 2,1 juta masker kain yang dikirim ke kami. Targetnya 3 juta masker dari para pelaku UKM itu untuk kami beli dan kami distribusikan secara gratis kepada masyarakat, ujarnya.

tempat penyimpanan masker yang diproduksi oleh UKM. Foto by dok

Masker kain hasil UKM itu, lanjutnya, akan didistribusikan kepada Gugus Tugas Covid-19 di 35 Kabupaten/Kota se-Jateng. Selain itu, masker tersebut nantinya juga akan dibagikan kepada para petugas TNI/Polri dan masyarakat, serta pedagang di pasar.
Selain program masker, Ema mengatakan sudah menyiapkan program lain yang akan dilaksanakan selama masa pandemi. Dalam waktu dekat akan ada program berupa stimulus untuk meningkatkan ekonomi UKM boga di Jateng.
Seperti yang disampaikan Bapak Gubernur bahwa kami segera melakukan program bantuan untuk UKM boga. Kami sudah menyiapkan anggaran Rp38 miliar untuk membantu bahan baku bagi pelaku UKM boga se-Jateng, tutupnya.
(Cahyo/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.