Hadirnya Pandemi Covid-19 Telah Ciptakan Era Normal Baru

Hadirnya pandemi Covid-19 telah mengubah pola kehidupan orang-orang di seluruh dunia. Kini, mereka mulai terbiasa menjalankan aktivitas dengan teknologi saat berada #DiRumahAja.
“Saya percaya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi dunia dengan menciptakan Normal Baru,” tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio dalam acara 2nd International Webinar on Tourism: Changes of the Tourism Paradigm in the Era of New Normal pada beberapa waktu lalu.
Dirinya menjelaskan, kondisi saat ini mengubah semua aktivitas harian dengan panggilan video, telekonferensi dan webinar. Hal tersebut menunjukkan digitalisasi lebih cepat daripada sebelumnya. Kegiatan seperti itu menjadi bagian dari Normal Baru, yaitu era yang membawa aturan baru, cara baru dan harapan baru.
Khususnya bisnis pariwisata, Wishnutama mengatakan, mau tidak mau harus beradaptasi. Dengan kondisi baru ini, sektor pariwisata harus dapat menyusun ulang strategi, model bisnis untuk merangkul dan kemudian bertahan.

sektor pariwisata harus dapat menyusun ulang strategi, model bisnis untuk merangkul dan kemudian bertahan by: kemenparekraf


Dirinya menambahkan, untuk pariwisata di industri ini bisa memanfaatkan kemajuan digital. Dirinya pun meyakini bahwa masa depan pariwisata adalah pariwisata yang berkualitas. Karena menurutnya, semua bisnis pariwisata dan pekerja harus mengamati dan mempelajari perubahan normal ini.
“Ini adalah kesempatan memperbaiki diri. Mereka harus fokus pada penerapan standar kebersihan, kesehatan, dan keselamatan dalam operasi bisnis sehari-hari mereka,” ujarnya.
Wishnutama meyakini, sektor pariwisata akan bangkit kembali. Dirinya berharap, dengan bertemunya pelaku pariwisata seluruh dunia dalam webinar, bisa menghasilkan ide tentang Normal Baru dalam pariwisata. (Sekar/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.