Ikuti 5 Kiat Ini Guna Kerja dari Rumah Berjalan Baik

Adanya pandemi Covid-19 atau virus corona di beberapa negara, tentunya sangat memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Masyarakat tidak diperkenankan berada di luar rumah dan menjauhi tempat perkumpulan beberapa orang. Hal inilah yang membuat segala aktivitas di luar rumah pun terganggu. Seperti halnya orang-orang yang bekerja, mau tidak mau harus menerapkan metode kerja di rumah atau Work From Home (WFH) sebagai bagian dari langkah jarak sosial (social distancing).

Nyatanya, ada banyak hal yang menyulitkan seseorang untuk bekerja di rumah dengan fokus yang baik dan berproduktif. Beberapa hal tersebut, misalnya, tumpukan cucian lebih menggoda untuk dikerjakan dibandingkan tugas-tugas kerjaan, atau tak semua orang bisa menikmati bekerja tanpa kehadiran rekan-rekan kerja.

Agar bekerja dari rumah bisa berjalan dengan baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dilansir dari Time, berikut hal-hal yang harus diperhatikan, di antaranya:

Hindari bekerja di sofa empuk atau sambil berbaring di kasur by Business Insider

Lokasi

Saat bekerja dari rumah, jangan mengerjakan tugas sambil duduk di sofa yang empuk atau sambil berbaring di atas kasur. Sebaiknya, sediakan satu ruangan khusus untuk bekerja yang jauh dari berbagai gangguan. Meskipun begitu, tidak diperkenankan untuk bekerja di ruang publik, seperti perpustakaan bukan hal yang disarankan. Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko penyebaran Covid-19 di ruang publik, sehingga perlu menjaga jarak sosial (social distancing). Oleh karena itu, pilihlah tempat yang bisa membantu dalam fokus di rumah.

Cari Teman

interaksi dengan rekan kerja melalui telepon video atau pesan singkat by chicagotribune

Untuk mengisi kekosongan ketika sedang bekerja dari rumah, bisa tetap menjalin interaksi dengan rekan kerja. Salah satunya adalah melakukan kontak lewat telepon video atau pesan singkat. Selain itu, berbagai cerita tentang pengalaman bekerja dengan keluarga di rumah atau teman-teman di luar rekan kantor juga bisa membangkitkan semangat.

Miliki Perencanaan Kerja

Satu hal yang penting ketika bekerja dari rumah adalah memiliki perencanaan kerja yang baik. Seseorang yang bekerja di rumah perlu memiliki rencana kerja yang lebih terstruktur dibandingkan saat bekerja di kantor. Rencana kerja ini disusun sedemikian rupa sehingga seseorang bisa mendapatkan jam istirahat yang cukup. Bila rencana tersebut tersusun dengan baik, maka bisa memiliki waktu luang di sela-sela pekerjaan untuk melakuan hal lain tanpa mengganggu produktivitas kerja.

Metode Komunikasi

Saat bekerja dari rumah, manfaatkan media komunikasi yang lebih dari sekadar surel. Gunakan perangkat digital yang dapat menggantikan interaksi tatap di lingkungan kantor dan mampu memfasilitasi komunikasi yang jelas.

“Ini merupakan masa depan kerja, jadi kita tidak bisa hanya melakukan hal-hal dengan cara kuno, kita harus menciptakan proses baru,” ujar Prithwiraj Choudhury dari Harvard Business School.

Perbedaan Cara Kerja

Manajer atau ketua tim perlu mengetahui bahwa tidak semua anggota timnya senang bekerja dari rumah. Oleh karena itu, manajer atau ketua tim harus berperan lebih aktif untuk mendampingi anggota yang kesulitan untuk bekerja dari rumah.

(Larasati/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.