Deretan Aplikasi Ini Permudah Silaturahmi Virtual dengan Keluarga

Lebaran Idulfitri 1441 H terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan Lebaran tahun ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga masyarakat pun masih diharuskan untuk tetap berada di rumah mematuhi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus rantai penyebaran virus tersebut.
Biasanya, Lebaran menjadi momen untuk berkumpul dengan keluarga besar dan mengunjungi kerabat dan sahabat. Namun, Lebaran tahun ini kebiasaan itu tidak bisa dilakukan.
Meski begitu, momen Lebaran masih bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Sepekan menjelang Hari Raya Idulfitri 1441 H, ada baiknya untuk menyiapkan diri dan mengetahui cara bersilaturahmi lewat dunia digital atau melalui virtual.
Berikut ini ada beberapa cara agar momen silahturahmi Lebaran Anda tetap terjalin melalui virtual.

  • Panggilan Video WhatsApp
Foto by dok


Tidak ada yang menggantikan pengalaman bersilaturahmi secara tatap muka. Meski saat ini tidak dapat dilakukan secara langsung, Anda dapat melakukannya secara virtual melalui video call bersama kerabat di kampung halaman.
Sejumlah perusahaan raksasa mengembangkan layanan konferensi videonya selama pandemi. Hal ini dilakukan melihat peningkatan penggunaan yang signifikan karena orang-orang harus berada di rumah guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19, yang tentunya dapat dimanfaatkan saat Lebaran.
Aplikasi pertama yang menjadi rekomendasi adalah WhatsApp, karena mudah digunakan dan relatif semua orang memiliki aplikasi tersebut. Facebook telah memperbarui jumlah peserta WhatsApp, yakni 8 orang sehingga dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan keluarga.

  • Google Duo
Foto by dok


Anda juga bisa menggunakan Google Duo untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar. Bahkan, bulan lalu, Google telah meningkatkan jumlah orang yang dapat terlibat dalam panggilan videonya dari 8 menjadi 12 orang.

  • Zoom Metting
Foto by dok

Namun, jika Anda ingin bersilaturahmi dengan lebih banyak orang sekaligus, misalnya teman sekelas atau rekan kerja satu divisi, maka Anda dapat menggunakan aplikasi konferensi video Zoom. Untuk membuat ruang percakapan di Zoom pun cukup mudah. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa batas untuk panggilan grup hanya 40 menit.
Itulah deretan aplikasi yang bisa digunakan sebagai alat silahturahmi saat Lebaran bersama keluarga besar dan sanak saudara. (Cahyo/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.