Hari Ini Google Doodle Peringati Subak Bali

Google Search menjadi mesin pencarian yang paling banyak digunakan oleh masyarakat masa kini. Pada peristiwa penting, Google Search kerap kali merayakan peristiwa penting yang diinterpretasikan lewat gambar maupun video di Google Doodle yang terdapat di Google Search.

Hari ini, tepatnya 29 Juni 2020, tampilan utama Google Doodle muncul dengan gambar orang sedang mengawasi persawahan. Tampilan dari Google Doodle ini pun merupakan bentuk memperingati Subak Bali.
Sebagai salah satu tradisi masyarakat Bali, Subak merupakan infrastuktur irigasi dan manajemen pengairan sawah secara tradisional.

Foto by dok

Selain infrastruktur irigasi, Google mengungkapkan, Subak juga merujuk pada tradisi sosial irigasi masyakat Bali. Subak dianggap sebagai cerminan dari filosifi kuno Bali Tri Hita Karana yang secara longgar diartikan sebagai tiga hal yang sebabkan kesejahteraan.
Ketiga penyebab kesejahteraan tersebut adalah hubungan harmonis manusia dengan Tuhan, hubungan harmonis dengan sesama manusia, dan hubungan harmonis antara manusia dengan alam dan lingkungannya.

Tak heran, UNESCO sudah memasukkan Subak sebagai salah satu warisan budaya dunia pada 2012 lalu. Bahkan kini, Subak mampu bertahan selama lebih dari satu abad karena masyarakatnya taat kepada tradisi leluhur. (Elmi/Yayah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.