Beginilah Cara Membuat Gerabah

Siapa yang tidak tahu gerabah? Sebuah benda yang cukup familiar di telinga bahkan di kehidupan kita, apalagi gerabah menjadi salah satu rekomendasi buah tangan karena bentuknya yang beragam dan unik

Lalu, bagaimana proses pembuatan gerabah? Proses pembuatan gerabah pada dasarnya memiliki tahapan yang sama untuk setiap kriyawan. Ada berbagai cara pembuatan gerabah, bisa dengan cara manual atau cetakan. Beginilah proses pembuatan gerabah sebagai berikut:

Bahan yang disiapkan :

  1. Papan berbentuk bulat yang bisa berputar searah jarum jam dengan memberi tuas sebagai penyangga di tengah benda tersebut juga sebagai pusat putaran.
  2. Siapkan air yang akan digunakan untuk memoles adonan tanah liat
  3. Siapkan tanah liat atau lempung sebagai bahan baku

Cara pembuatannya sebagai berikut:

Pertama, gumpalan tanah liat dibentuk sesuai dengan imajinasi Anda. Hal ini tentunya, dibutuhkan  tangan yang cekatan. Tangan kiri berfungsi menahan bentuk luar sembari memutar papan. Sementara tangan kanan berfungsi membentuk pola.

proses pembuatan gerabah, by: IndonesianCraft

Kedua, setelah  gerabah berbentuk sesuai dengan keinginan Anda, maka langkah selanjutnya dikeringkan dengan diangin-anginkan. Setelah dirasa cukup, kemudian dijemur di bawah terik matahari. Penjemuran ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan air yang terdapat di dalamnya.

Ketiga, setelah gerabah melewati proses pengeringan barulah pada proses pembakaran, pembakaran ini bertujuan agar gerabah menjadi kuat, padat, dan tidak mudah pecah. Metode ini juga terdapat dua jenis yaitu dengan dibakar menggunakan jerami atau tungku.

Keempat merupakan langkah terakhir, maka lakukan finishing. Proses ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara misalnya memulas gerabah dengan cat warna, melukis, menempel atau menganyam dengan bahan lain.

emulas gerabah dengan cat warna, melukis agar tampak lebih cantik, by: IndonesianCraft

(Zul/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.