Cara Membuat Pot Cantik dari Bahan Bekas

Banyak barang yang sudah tidak digunakan sehingga dibuang begitu saja, salah satu barangnya adalah botol bekas. Meskipun barang yang satu ini sering diproduksi, ternyata botol bekas dapat diubah menjadi pot bunga yang cantik dan lucu.
Pot bunga ini cocok untuk Anda yang suka merawat tanaman di rumah dan ingin memiliki pot yang unik dengan menggunakan botol bekas. Berikut tata cara pembuatannya:

Alat dan Bahan:
Botol bekas ukuran 2 liter (sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan botol bekas minuman soda)
Spidol biasa
Spidol permanen
Paint pen
Pisau cutter
Gunting
Cat akrilik
Kuas
Tanah untuk di dalam pot
Tanaman kecil untuk di dalam pot
Sebelum memulai tahapan pertama, lepaskan plastik label yang ada di botol. Jika ada bagian yang lengket, bersihkan bagian itu terlebih dahulu.

Cara Membuat Pot Cantik dari Bahan Bekas by gulalives

Tahapan pertama, gambar pola bentuk hewan sesuai pilihan Anda menggunakan spidol biasa. Kemudian, gunakan gunting untuk memotong dan membentuk sesuai pola di botol. Apabila ada bagian yang sulit dibentuk, gunakan pisau cutter agar lebih rapi. Pisau cutter pun juga bisa digunakan untuk membuat lubang-lubang kecil yang ada di bawah pot.

Setelah dibentuk dan sudah rapi, maka hapus tanda pola yang sudah dibuat menggunakan spidol biasa. Warnai botol yang sudah dibentuk menggunakan cat akrilik dengan mewarnai dasarnya terlebih dahulu. Sebagai contoh pada bentuk panda, maka warnai dengan warna putih. Setelah itu, biarkan hingga kering.
Jika Anda sudah memastikan kering warna dasarnya, lalu gambar wajah hewan yang Anda pilih menggunakan paint pen dan juga spidol permanen. Setelah selesai digambar, diamkan lagi dan tunggu sampai semuanya kering. Ketika sudah kering, masukkan tanah dan tanaman ke dalam pot tersebut.
Jadilah pot bunga yang cantik dan lucu, Anda bisa menaruhnya di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup.
(Andhita/Dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.