Coba dan Kreasikan Lampu Gantung dari Sedotan Plastik

Menghias rumah atau ruangan tak harus selalu menggunakan dekorasi yang mahal. Dengan kreatif, kita bisa membuat hiasan menarik dari barang-barang sepele yang ada di sekitar kita, salah satunya sedotan plastik.

Saat ini, sedotan plastik hampir tidak pernah bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, produksi alat bantu minum ini meningkat tajam, sehingga berimbas dengan limbahnya yang meningkat tajam pula. Meskipun sedotan plastik sudah banyak menuai protes karena faktor lingkungan, kini hadir orang-orang yang secara kreatif mampu menyulap sedotan plastik menjadi kerajinan tangan yang dapat menghias rumah lebih berwarna

Beginilah cara membuat lampu gantung dengan memanfaatkan sedotan plastik!  Yuk, simak cara pembuatannya!

Bahan yang diperlukan:

  1. Sedotan plastik
  2. Kawat
  3. Kain flanel
  4. Tang potong
  5. Gunting

Langkah-langkah pembuatan:

Pertama, buatlah bangun geometri segi enam. Sebagai awalan, persiapkan sedotan panjang sebanyak 18 buah. Selain itu, butuh 12 buah sedotan dengan ukuran setengah dari sedotan panjang. Lalu, persiapkan juga 12 buah sedotan yang ukurannya seperempat dari ukuran sedotan panjang. Kemudian, susun potongan sedotan menjadi bagian bangun segi enam.

Kedua, pakailah kawat untuk dimasukkan ke sedotan. Rangkailah sedotan yang sudah dimasukkan kawat dengan rapi dan sempurna.

Kerajinan Tangan Dari Sedotan. by: Kerajinan tangan

Ketiga, buatlah ukuran segi enam sesuai dengan ukuran pada fitting lampu yang akan digunakan.

Keempat, ambil flanel hitam untuk menutupi kawat yang ada di dalam sedotan. Fungsi lain dari ini adalah untuk memperkuat bangun segi enam supaya lebih kokoh.

Kerajinan Tangan Dari Sedotan. by: Kerajinan tangan

Kelima, buatlah 12 buah potongan kain flanel dengan bentuk silang yang lebarnya sama dengan sedotan dengan panjang 2 cm. Selain itu, buatlah 12 buah potongan kain flanel dengan bentuk huruf T yang ukurannya sama.

Keenam, masukkan 12 buah potongan kain flanel yang berbentuk silang tadi ke dalam setiap pertemuan 4 buah sedotan. Begitu pula untuk kain flanel berbentuk huruf T yang wajib dilakukan hal serupa. Lakukan sampai semua sedotan tertutup dengan flanel.

Kerajinan Tangan Dari Sedotan. by: Kerajinan tangan

Setelah selesai dengan langkah-langkah di atas, Anda bisa pasang pada fitting lampu. Nah, mudahkan? Yuk, coba kreasikan milik Anda!

(Elmi/dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.