Topeng dari Kertas Karton? Seperti Apa, Ya?

Topeng merupakan replika wajah untuk memerankan suatu tokoh, seperti di pertunjukkan tari topeng dalam membawakan peran tertentu. Bentuk topeng pun bisa dibuat dari berbagai bahan, seperti kayu, plastik, karet, fiberglass, kertas, dan lain-lain. Salah satunya dibuat dari bahan kertas karton yang bisa didapatkan di sekitar Anda, loh!


Membuat topeng dari kertas karton ini, Anda harus menggunakan teknik melipat, memilin, dan menggunting. Pembuatan topeng ini akan melatih Anda untuk membuat karakter wajah manusia yang lucu, galak, judes, dan lain sebagainya. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaraan untuk mengerjakan topeng dari kertas karton ini, agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak berikut ini.

Alat dan Bahan:
Kertas karton
Koran bekas
Pewarna, seperti cat air, cat poster, atau cat untuk styrofoam
Aksesories, seperti benang, kain, ijuk, atau renda
Gunting
Cuter
Stapler

Langkah-Langkah Pembuatan
Pertama, buatlah terlebih dulu sketsa dasar wajah berbentuk oval pada kertas karton. Kemudian berikan tanda garis titik 8 bagian di sekelilingnya. Lalu, gunting, lipat, dan tekuk sketsa dasar wajah berbentuk oval. Setelah itu, stapler satu persatu sehingga membentuk pada gambar.


Kedua, gunting kertas koran dengan ukuran kecil, lalu tempelkan pada bentuk dasar wajah topeng agar bentuk dasar topeng tersebut menjadi keras. Bentuk dasar topeng yang sudah selesai, ditempelkan guntingan kertas koran.
Ketiga, buatlah bagian-bagian wajah topeng seperti alis, hidung, pelipis, dan mulut dengan teknik melipat, menggunting, serta menempel. Sebelumnya, ukur terlebih dahulu posisi mata, hidung, dan mulut sesuai wajah lalu dilubangi.


Keempat, tempel bagian wajah pada bentuk dasar topeng. Setelah itu, tempelkan kembali guntingan kertas koran ke seluruh bagian wajah topeng, agar topeng yang dibuat menjadi lebih keras.
Kelima, beri warna pada wajah topeng sesuai yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan cat air untuk styrofoam, cat poster, cat kayu, atau cat yang lainnya.

Jadilah, topeng dari kertas karton yang Anda buat. Sekarang, Anda bisa menggunakannya untuk memeran lakon. (Sekar/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.