Ubah Perabot Tua dengan Teknik Decoupage!

Pasti sumpek melihat perabotan lama yang sudah tidak dipakai terpampang di gudang. Selain sayang dibuang, disimpan pun bikin tak enak dipandang. Ternyata, permasalahan tersebut ada solusinya, yakni mengubah perabotan lama menjadi hiasan rumah dengan teknik decoupage.

Decoupage merupakan salah satu jenis kerajinan tangan yang berasal dari Perancis. Jenis kerajinan ini menggunakan teknik menempelkan kertas bermotif, kain, dan tisu pada objek yang kemudian ditambahkan dengan teknik cat warna untuk efek khusus.

perabotan anda benar-benar dilukis by ratatum.com

Dengan menggunakan teknik decoupage, perabotan lama pun akan menjadi hiasan dengan ala vintage. Berikut cara mengkreasikan teknik decoupage.

Alat dan Bahan:

  • Perabotan yang akan dihias bisa berupa meja, kursi, lemari, dan sebagainya.
  • Napkin decoupage, merupakan bahan khusus dengan gambar menarik yang beragam. Anda bisa pilih sesuai selera. Anda juga bisa membeli napkin atau membuatnya dari bahan kertas yang tidak mudah rusak terkena air dan cairan.
  • Lem khusus kerajinan, Ultra Phaeton. Jangan sembarangan menggunakan lem, karena lem harus sangat khusus dan tidak merusak warna produk.
  • Gunting
  • Cat (opsional)
  • Clear varnish atau pernis bening

Cara Pembuatan:

  • Tentukan dulu bagian mana yang akan diaplikasikan gambar napkin decoupage. Kemudian hiasi perabotan yang masih polos dengan mengecatnya (optional).
  • Amplas semua permukaan benda yang akan ditempelkan kertas. Kemudian bersihkan dengan kain basah untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel. Anda juga bisa memberikan aksen khusus pada finishing. Seperti memberikan aksen atau kesan tua dengan cara memberikan cacat finishing (menggores lapisan cat) di beberapa bagian.
tahapan menggunaka tekni decoupage by dekoruma.com
  • Siapkan napkin decoupage, kemudian gunting napkin tersebut sesuai pola gambarnya dengan rapi. Lalu, ambil lem khusus kerajinan yakni Ultra Phaethon dan tempelkan napkin tersebut pada perabotan. Lakukan hati-hati dan tidak perlu banyak-banyak memberi lem agar hasilnya lebih rapi dan bagus. Setelah itu, diamkan sejenak hingga lem mengering dan napkin sudah merekat.
  • Setelah lem kering, siapkan clear varnish atau pernis bening yang merupakan cat khusus transparan dan hanya berfungsi untuk melindungi, bukan mewarnai. Oleskan clear varnish pada seluruh area perabotan, baik yang ditempelkan napkin atau tidak. Dengan cara ini, perabotan Anda akan terlihat seperti dilukis. Setelah itu, biarkan clear varnish mengering.
hasil dari teknik decoupage by kitchenremont
  • Setelah clear varnish mengering, lakukan pengamplasan secara perlahan agar lebih halus.

Jadilah kreasi perabotan lama dengan menggunakan decoupage. Anda bisa menggunakannya sebagai hiasan rumah atau tetap dipakai sesuai fungsinya untuk memperindah perabotan lama Anda. (Sekar/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.