Apa Itu Gerobak Maya?

Dalam mendorong e-commerce, Bekraf di tahun-tahun sebelumnya bekerja sama dengan platform marketplace. Pada tahun 2016 Bekraf bekerja sama dengan BukaLapak, dan di tahun 2018 Bekraf bekerja sama dengan Shopee dan Tokopedia.

Tahun ini, guna mengembangkan industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama di subsektor bidang kuliner dalam negeri, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan Go-Jek menyelenggarakan program “Gerakan Online Bekraf dan Go-Jek” yang disingkat dengan GEROBAK MAYA. Program ini merupakan kolaborasi dari program bimbingan teknis (bimtek) yang dimiliki Bekraf, sesuai dengan program serupa yang dimiliki Go-Jek, yaitu Go Nusantara.

Program Gerobak Maya. by: IndonesianCraft

Sebagai action dari program tersebut, tepatnya kemarin, Selasa, 10 September, telah diadakan pelatihan bagi UMKM di bidang kuliner yang berlokasi di Smesco Indonesia, Jakarta Selatan. Menghadirkan empat narasumber, pelatihan ini diikuti oleh sekitar 200 UMKM di subsektor bidang kuliner. Para pelaku UMKM mendapatkan berbagai materi pelatihan, diantaranya: digital marketing, belajar produk fotografi, discussion forum, success story sharing hingga edukasi untuk mendaftar sebagai merchant Go-Food serta Go-Pay.

Program GEROBAK MAYA, nantinya akan merambah pelaku bisnis UMKM dengan berbagai sektor lainnya. Dengan demikian, UMKM di luar subsektor kuliner juga bisa terfasilitasi dengan berbagai produk yang terdapat di dalam ekosistem Go-Jek, yaitu Go-Daily, Go-Shop, dan berbagai produk lain. Kegiatan ini merupakan persiapan Go-Jek bersama Bekraf untuk memberikan akses global bagi UMKM, yaitu sebagai salah satu upaya anak bangsa dalam strategi memgembangkan pasar, guna mendorong UMKM naik kelas.

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para pelaku UMKM yang belum berjualan secara online, segera mengikuti perkembangan zaman dengan berbisnis secara digital dengan e-commerce, baik di Go-Jek, media sosial, membuat website, maupun menitipkan pemasarannya melalui platform marketplace yang sudah memiliki nama. 

(Susi/Ita)

Leave a Reply

Your email address will not be published.