Dekranas Gelar Kriyanusa 2019 Jadi Ajang Promo Produk Kerajinan

Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menyelenggarakan pameran Kriyanusa 2019. Pameran ini merupakan wadah promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranas seluruh Indonesia dengan tema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas dan Kewirausahaan”. Berbeda dengan tahun sebelumnya, yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), tahun ini Kriyanusa digelar di Balai Kartini, Jakarta, pada tanggal 11 hingga 15 September 2019.

Pameran Kriyanusa 2019 dihadiri oleh Ibu Negara Indonesia, Iriana Joko Widodo yang didampingi oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla.

Ketua Dekranas Ibu Mufidah Jusuf Kalla berikan sambutan di Kriyanusa 2019 by Indonesiancraft

“Industri kerajinan merupakan bagian dari ekononomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat berkembang dan hampir seluruh pelosok Indonesia, baik dari skala mikro, kecil, sampai menengah,”ujar Mufidah Jusuf Kalla dalam sambutannya.

Pameran Kriyanusa 2019 diikuti oleh Dekranasda seluruh Indonesia yang memfasilitas perajinnya di wilayah masing-masing. Selain itu, sejumlah BUMN dan Kementerian juga memfasilitasi mitra binaannya untuk terlibat, sehingga terdapat 246 stan, diantaranya 37 stan Kementerian dan BUMN, 170 stan Dekranasda, 25 stan individu, 8 stan mitra, dan 6 stan asosiasi.

salah satu Produk Unggulan di Kriyanusa 2019 by Indonesiancraft
Suasana Pameran Kriyanusa 2019 by IndonesianCraft

Pembukaan Kriyanusa 2019 juga dimeriahkan oleh peluncuran dua buah buku karya Dekranas, diantaranya  “Cerita Serat Menjadi Tenun”, dan “Songket Minangkabau”. Selain itu, terdapat 39 daerah Indonesia yang diwakili oleh 8 daerah untuk mendapatkan penghargaan ‘Dekranas Award’, serta 8 perajin Indonesia yang terpilih mendapatkan penghargaan ‘Karya Kriya Terbaik’.

(Delf/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.