Ignite the Nation, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2019

Kemarin, tepatnya Minggu, (18/8), Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dengan tajuk Ignite the Nation secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla di Istora Senayan, Jakarta. Dengan motto ‘Seribu Mimpi, Seribu Karya, Seribu Solusi untuk Satu Indonesia Raya’, kegiatan ini berupa pertemuan dengan ribuan perusahaan startup atau rintisan bisnis. Acara ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong tumbuhnya industri startup yang kini tengah booming di kalangan generasi milenial, yang notabene merintis bisnis skala UMKM/UKM.

Wakil Presiden, Jusuf Kalla secara resmi membuka Gerakan Nasional 1000 Startup Digital , by: AyoBandung.com

Ignite The Nations sendiri, merupakan bagian dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang dirancang khusus dalam Peringatan Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Selain Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), gerakan ini juga didukung oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), serta KUMPUL (platform pembelajaran bersama yang memberdayakan co-working space).

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dimaksudkan untuk membangun ekosistem dengan banyak elemen, bukan hanya keahlian, tetapi juga agar terhubung dengan founder dan tim, serta network mentor dari industri. Tentunya dengan bertujuan untuk mengobarkan semangat ekonomi digital di seluruh Indonesia.

Ignite The Nations, foto by instagram 1000startupdigital

Sebenarnya, program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sudah dimulai pada tahun 2015 saat kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Pusat Inkubasi Digital Plug and Play di Silicon Valley, dan mendeklarasikan Indonesia The Digital Energy of Asia. Setelah itu, Kementerian Kominfo meluncurkan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pertama dengan KIBAR sebagai operator nasional.

Di tahun 2019, Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital dikemas dengan konsep terbaru. Tahapannya, kini terdiri dari Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp, dan Incubation. Acara ini akan berlangsung di 10 kota lain di Indonesia yakni, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Makassar, Denpasar, Surabaya, Pontianak dan Medan selama bulan Agustus hingga September 2019. (Elmi/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.