Inilah Drama Kolosal yang Mengulik Sejarah Fatahillah

Kemarin malam, tepatnya 8 September 2019, telah digelar pertunjukan drama kolosal yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Drama kolosal ini bertajuk “Pagelaran Nilai Tradisi Sejarah Fatahillah” yang dilaksanakan di Plaza Museum Fatahillah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, drama kolosal ini diadakan dalam rangka pelestarian seni budaya daerah, serta pengembangan promosi dan informasi tentang nilai-nilai budaya bangsa, khususnya adat-istiadat, makanan, serta tata cara upacara adat masyarakat Betawi kepada masyarakat luas.

Drama kolosal bertajuk “Pagelaran Nilai Tradisi Sejarah Fatahillah” yang dilaksanakan di Plaza Museum Fatahillah. foto by medcom.id

Drama kolosal yang dimainkan oleh lebih dari 150 orang ini menghadirkan beberapa aktor dan tokoh spesial diantaranya, Fatahillah diperankan oleh aktor Umar Lubis, Sunan Gunung Jati oleh Oding Siregar, dan S. Trenggono diperankan oleh Alvian. Bercerita tentang kisah seorang pahlawan bernama Fatahillah yang telah berjuang mengharumkan nama Tanah Air di zaman Portugis, serta berkisah seputar perjalanan Pangeran Fatahillah melawan penjajah di Batavia dan perannya dalam perebutan kemerdekaan Republik Indonesia.

Drama kolosal ini dibuka untuk umum, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta secara khusus mengundang tamu-tamu dari kedutaan dan komunitas internasional lainnya untuk memperkenalkan Jakarta dengan segala kekayaan budaya dan historinya.

Selain itu, drama kolosal ini sangat edukatif bagi masyarakat, dengan tujuan supaya dapat mengenal lebih jauh tentang sejarah Jakarta dan Fatahilah khususnya. (Elmi/Ita)

Leave a Reply

Your email address will not be published.