Jokowi Hadir di Solo Rayakan Puncak Hari Batik

Dalam perayaan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2019, puncaknya dilaksanakan di Pura Mangkunegara, Solo, Jawa Tengah. Pada kesempatan kali ini, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana memeriahkan puncak acara tersebut bersama 500 pembatik yang membatik dengan metode tradisional, yakni batik tulis dan cap.

Acara tersebut juga dihadiri pula oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Dewan Kehormatan OJK Wimboh Santoso, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan masih banyak lagi.

Diana Santosa selaku Ketua Panitia Hari Batik Nasional 2019 mengatakan, Hari Batik Nasional bertujuan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap batik tradisional Indonesia sehingga pasar batik yang dahulunya sedikit menurun kini dapat bangkit kembali.

Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. foto by @kemensetneg

Acara yang digelar Yayasan Batik Indonesia itu, Jokowi juga berkesempatan menyerahkan penghargaan secara seremonial kepada tokoh-tokoh yang telah mengembangkan batik. Adapun kegiatan yang dilakukan seperti membatik massal, talkshow batik, fashion show, kuliner, dan pasar batik rakyat. Yayasan Batik Indonesia bersama Presiden Joko Widodo juga meluncurkan e-book dan buku saku Batik Indonesia dengan harapan agar masyarakat mampu mengenal lebih dekat dengan batik di Indonesia. (zul/dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.