Kemenperin Pamerkan Kerajinan Unggulan  Kabupaten Bantul

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) memfasilitasi promosi Industri Kerajinan Menengah (IKM) dengan menyelenggarakan “Pameran Produk Unggulan Dekranasda Kabupaten Bantul”, yang diikuti oleh 42 pelaku IKM dari Kabupaten Bantul. Selama tiga hari dimulai dari tanggal 3-6 September 2019 di Plaza Pameran Industri Gedung Kemenperin RI, Jakarta. Para pengunjung akan dimanjakan dengan aneka kerajinan dari Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Pada perkembangannya hasil industri kecil dan kerajinan di Kabupaten Bantul telah diminati banyak konsumen luar negeri, sehingga sudah sewajarnya Kabupaten Bantul menjadi barometer perkembangan ekonomi di Yogyakarta,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA), Gati Wibawaningsih.

Pameran Produk Unggulan Dekranasda Kabupaten Bantul by @Kemenperin_RI

Para pelaku IKM menampilkan berbagai kerajinan fashion batik dan non-batik, kayu, logam, perak, anyaman, kulit, aksesoris, serta makanan olahan dalam bentuk kemasan. Gati menyambut baik para pelaku IKM yang telah antusias mengikuti “Pameran Produk Unggulan Dekranasda Kabupaten Bantul”.

“Pada kesempatan ini, saya juga mengharapkan saudara-saudara terus melakukan riset dan pengembangan desain untuk menciptakan produk-produk kerajinan dan produk kreatif lainnya yang lebih berdaya saing,” tutur Gati.

Kerajinan dari Kabupaten Bantul by @Kemenperin_RI

Ketua Dekranasda Kabupaten Bantul, Erna Kusmawati Suharsono mengungkapkan bahwa, dirinya siap untuk diajak ke pameran di luar negeri untuk memperkenalkan potensi IKM-nya. Berdasarkan data Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perindustrian Kabupaten Bantul hingga tahun 2016 IKM telah memiliki 95.164 tenaga kerja. (Sekar/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.