Keris Jokowi Tampil di Kirab 1001 Keris

Keris hibah dari Presiden Joko Widodo kepada Museum Keris Nusantara, Solo, Jawa Tengah dipamerkan dalam “Kirab 1001 Keris”. Keris hibah dengan nama Keris Kiai Tengara tersebut menjadi ikon dalam kirab pada kemarin, Minggu (15/9) pagi.

“Kirab 1001 Keris” ini merupakan salah satu bentuk pemkot melestarikan warisan budaya. Keris adalah benda tajam tingkat golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di seluruh daerah.

kirab 1001 keris 2019 foto by @humaspemkotsurakarta

Pada “Kirab 1001 Keris” kemarin, tampak keris diletakkan di atas jodang yang dibawa beberapa orang berpakaian putih. Jodang yang dibawa berhiaskan janur dan kain merah putih. Kemudian salah satu pengiring memayungi keris itu dari terik matahari.

Acara ini juga terdiri dari beberapa empu keris asal Solo yang turut berjalan mengiringi keris Jokowi. Iring-iringan ini dimulai dari rumah dinas wali kota Loji Gandrung, melewati area Car Free Day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, mengitari kawasan Sriwedari, dan berakhir di Museum Keris Nusantara. 

acara Kirab 1001 Keris yang diikuti oleh ribuan peserta yaitu empu keris, foto by @gerakansolokawal3wpm

Kepala UPT Museum Dinas Kebudayaan Kota Solo, Didik Sunaryono mengatakan, kirab diikuti lebih dari 1.000 orang yang masing-masing membawa sebuah keris. Mereka berasal dari berbagai kalangan masyarakat. Acara ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan di bulan Sura atau biasa disebut dengan bulan kebudayaan.

(Elmi/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.