Kolaborasi JFFF 2019 dan CTI, Perkenalkan Keindahan Tenun Nusantara

Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2019 berkolaborasi dengan Cita Tenun Indonesia (CTI) mempersembahkan Fashion Show bertema “Jalinan Lungsi Pakan”, yang berlangsung pada tanggal 15 Agustus 2019. Tema ini mempresentasikan cinta, semangat, kesabaran, ketekunan , serta nilai sejarah dan estetika yang terkandung dalam kain tenun.

Dalam sambutannya, Soegianto Nagaria selaku Chairman JFFF 2019 menjelaskan bahwa “Jalinan Lungsi Pakan” merupakan kerjasama JFFF 2019 dan CTI untuk memajukan industri mode Indonesia berbasis budaya Indonesia.

Soegianto Nagaria selaku Chairman JFFF 2019 by : IndonesianCraft

“Jalinan Lungsi Pakan merupakan jalinan benang yang membentuk keindahan kain tenun sebagai salah satu wastra Nusantara.  Hal ini mencermikan sinergi yang terjalin baik antara JFFF dan CTI yang saling melengkapi satu sama lain dalam memajukan industri mode Indonesia berbasis budaya Nusantara,” Ujar Soegianto

Cita Tenun Indonesia menampilkan karya dari desainer yang menggunakan kain tenun dari berbagi daerah di Indonesia. Desainer tersebut adalah Eridani, Yogie Pratama, Didi Budiardjo, pemenang “Next Young Promising Designer” tahun 2018 yaitu Koko Rudi dan Enrico Marshall. Konsistensi JFF dan CTI dalam mengangkat kain Nusantara juga bentuk dukungan kepada UKM dan pengrajin kain, serta mengajak masyarakarat agar tidak hanya mengapresiasi namun juga turut menggunakan kain Nusantara.

Acara Opening Show JFFF 2019 juga mengumumkan pemenang kompetesi  “Gading Model Search” dan “Next Young Promising Designers 2019”. Ajang kompetesi ini merupakan bentuk kepedulian JFFF dalam membina bakat muda dalam industri mode Indonesia.

Program tahunan JFFF merupakan hasil kerjasama PT. Summarecon Agung Tbk bersama Pemerintah Provinsi DKI melalui Dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2019. Selain itu, JFFF merupakan bagian dari program ‘Enjoy Jakarta’.

Rangkaian dari acara Fashion Festival terdiri dari Fashion Show, Fashion Village dan Fashion Competition yakni Gading Model Search dan Next Young Promising Designer. Sedangkan untuk rangkaian dari Food Festival adalah Kampoeng Tempo Doeloe dan Wonderful Culinary Expo. Selain itu, Jakarta Brand Festival merupakan program terbaru di JFFF yang bertujuan untuk mendukung akselerasi para UKM di industri mode dan kuliner.

karya desainer Eridani . by : Ade Oyot

(Sekar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.