Lebaran Betawi 2019: Yuk Abang None Kite Sarendo-Rendo Dateng Kemari

Lebaran Betawi 2019 acara tahunan yang dimeriahkan oleh berbagai acara kesenian hingga pawai budaya Betawi seperti, hantaran, lenong Betawi, palang pintu, Rebana Biang, band Betawi, layar tancap, Sorendo-Rendo, tanjidor, ondel-ondel, salat Betawi, dan masih banyak lagi diselenggarakan di lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat.
Tapi, apakah anda tahu sebenarnya apa itu Lebaran Betawi? lebaran Betawi secara khusus diadakan sebagai ajang silaturahmi antara warga Jakarta setelah lebaran Idul Fitri, di mana lima wilayah administrasi di Jakarta dapat memamerkan kekhasan setiap daerahnya.

Suasana lebaran betawi di lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat.


Lebaran Betawi pertama kali digagas pada 2008 oleh Amarullah Asbah, wakil ketua umum Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi saat itu. Ia mengusulkan dibuat Lebaran Betawi sebagai ajang silaturahmi masyarakat Betawi yang tinggal di berbagai daerah, tidak hanya di Jakarta. Tapi kemudian dalam perkembangannya, Lebaran Betawi tak hanya diperuntukkan bagi warga Betawi saja, tapi juga menjadi ajang silaturahmi dan hiburan bagi masyarakat yang bukan orang Betawi.

Ketua Panitia Lebaran Betawi Muhammad Rifqi mengatakan, pergelaran Lebaran Betawi bertema “Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia”. Dengan adanya agenda unggulan Lebaran Betawi tahun ini yakni serendo-rendo atau karnaval. serendo-rendo ini adalah istilah orang Betawi, yang artinya bererot atau grombolan atau semacam rombongan.
Untuk itu, konsep serendo-rendo ini akan menjadi pertunjukan budaya secara nasional yang akan dimeriahKan oleh lima wilayah Jakarta, yakni Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Kepulauan Seribu. Setiap wilayah akan berpartisipasi membawa rombongannya atau pasukannya untuk mengikuti serendo-rendo dalam Lebaran Betawi.


Dalam Lebaran Betawi, nuansa Betawi pastinya akan sangat kental, mulai dari ornamen dan hiasan, hingga pagelaran kebudayaan seperti, pertunjukan khas Betawi, yakni: tanjidor, gambus, marawis, palang pintu, tarian Betawi, atraksi silat Betawi, gambang kromong, hingga lenong hingga beragam kuliner Betawi pun tersedia.
(Amanda.P)

Leave a Reply

Your email address will not be published.