“Online to Offline” Pasar Digital Indonesia

Mulai tanggal 15 sampai 18 Agustus 2019, telah diadakan event Pasar IdEA (Indonesian E-Commerce Association), Festival Belanja Online to Offline di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan-Jakarta. Acara ini bertujuan untuk mempertemukan berbagai kepentingan dunia e-commerce di Indonesia. Perhelatan dengan konsep seperti ini merupakan pertama kali dan terbesar yang pernah diadakan di Indonesia, dengan menghadirkan perusahaan market place, ekspedisi, game online, serta UMKM baik binaan pemerintah maupun mandiri terutama yang telah merambah pasar online.

pertemukan pasar online dengan customer secara offline. by: IndonesianCraft Media

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara menjadi pembuka acara yang diselenggarakan oleh idEA bersama Traya Eksibisi Internasional ini.  Berbagai acara diadakan untuk memanjakan masyarakat pengunjung dengan beragam promosi dan kegiatan menarik, terutama Tokopedia dan Blibli, yang merupakan market place terbesar Indonesia saat ini, sebagai dynamic duo sponsor acara.

Market place lainnya yang mengikuti pasar ini adalah Lazada, Shopee, Bukalapak, dan lain-lain. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan aksi panggung dan berbagai workshop maupun seminar, seperti acara: Bedah Usaha Jaket di Online, Jumpa Komunitas Lazada, Peluang Usaha Bersama Go-Jek, Bisnis Bersama Go-Pay, dan Why Go Online dengan narasumber dari platform marketplace Bukalapak.

produk indusrtri kerajinan dipasarkan di market place. by: IndonesianCraft Media

Ketua Umum IdEA, Ignatius Untung mengatakan bahwa Pasar IdEA bertujuan mempertemukan antara penjual dan pembeli secara tatap muka, sehingga terbangun kepercayaan publik. “Kami ingin membangun trust masyarakat,” ujarnya.

Terselenggaranya Pasar IdEA tak lepas dari besarnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Menurut Lembaga Riset asal Inggris, Merchant Machine, Indonesia mengalami pertumbuhan e-commerce sebesar 78% pada tahun 2018. Dengan angka ini, Indonesia merupakan satu dari sepuluh negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia, yang didukung oleh lebih dari 100 juta pengguna.

dorong anak muda milenial berwirausaha dengan startup. by: IndonesianCraft Media

(Susi/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.