Pesona Tenun NTT di Pacific Exposition 2019

Kain Tenun NTT merupakan fashion yang diusung Indonesia dalam pameran Pacific Exposition 2019. Pacific Exposition sendiri merupakan pameran dagang, investasi dan pariwisata untuk negara-negara di Pasifik yang untuk pertama kalinya digelar di Skycity Aucland Convention Centre pada pertengahan Juli lalu.

Berbagai produk dan peluang investasi serta keelokan masing-masing negara dipamerkan dalam kegiatan dengan tema “Menuju Pasar Tunggal Pasific” tersebut. Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya mengatakan bahwa  Indonesia dalam expo ini diwakili oleh 5 provinsi di Pasifik yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT. “Identitas kepasifikan Indonesia akan ditonjolkan. Itulah mengapa ke lima provinsi tersebut yang dipilih untuk mewakili Indonesia,” papar Tantowi.

Pacific Exposition 2019 digelar atas inisiasi Indonesia serta dukungan dari Australia dan Selandia Baru guna mengintegrasikan negara-negara di Pasifik menjadi destinasi tunggal,” ucap Tantowi. Sebanyak 19 negara dan 123 perusahaan terdaftar mengikuti ekspo.  

Produk fashion Indonesia yang diwakili oleh kain Tenun NTT tampak sangat diminati. Hal itu terlihat dari pengunjung dan delegasi yang tidak pernah henti-hentinya melihat langsung Stand Pameran NTT. Dibandingkan puluhan stand lainnya, Stand NTT, selalu ramai dengan para pengunjung dalam negeri maupun mancanegara. Untuk pameran fashion NTT ini, dua penenun didatangkan dari Timor. Adapun transaksi Indonesia mencatat angka 58 Juta USD per 13 Juli 2019. (see)

Leave a Reply

Your email address will not be published.