Bangga! Inilah Penghargaan yang Diraih Dekranasda NTB

Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) adalah organisasi nirlaba yang menghimpun peminat seni untuk mewadahi dan mengembangkan produk kerajinan, mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnis yang sebagian merupakan kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Industri kerajinan kriya merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat menjangkau seluruh wilayah Tanah Air, tidak terkecuali di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki potensi perekonomian yang sangat besar.

Dekranasda NTB memang memiliki banyak program untuk memajukan produk lokal kerajinan NTB, salah satunya diadakan program kain tenun sebagai seragam dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov NTB. Penggunaan kain tenun sebagai seragam dinas ASN merupakan salah satu program yang sangat positif, khususnya dalam membantu pemasaran, sekaligus mempromosikan hasil kerajinan tenun di NTB yang dapat membantu memacu perkembangan industri rakyat.

Bukan hanya itu, Dekranasda NTB juga selalu mendukung para pelaku UKM dengan membina, mengarahkan, mengembangkan, dan mengenalkan kepada publik, agar kerajinan asli di daerah ini tetap eksis dikenal dan disebarluaskan ke segala daerah di  Indonesia. Selain gencar mendorong para UKM dalam mempromosikan produk lokal khas Lombok, Dekranasda NTB juga memberikan dukungan dalam hal pengembangan sumber daya manusia (SDM). Hal itu dilakukan, agar pelaku industri kreatif di NTB mampu memasarkan hasil produksi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Ibu Niken turun langsung melihat proses pembuatan kain tenun. foto by: Danu

Saat ini, Dekranasda NTB tengah fokus melakukan pembinaan-pembinaan bagi para pelaku  UKM. Hal ini, bertujuan untuk meningkatkan produk lokal UKM. “Kita sering kunjungi sentra-sentra industri, dan kemudian di salurkan ke dinas perindustrian, dinas koperasi, dan lain-lain. Lalu, kita juga sudah menghadiri beberapa promosi: promosi kerajinan, dan kita pernah hadir di Malaysia dan Dubai. Selain itu, harus ada pembinaan kelompok, pembinaan komunitas, dan lain-lain. Hal ini, memang perlu waktu, karena kalau kita lihat masing-masing kerajinan memiliki kekhasannya, dan semuanya perlu dibina, contohnya seperti kegiatan pembinaan yg dilakukan oleh desainer, di mana desainer tersebut juga yang mengolah kain tenun menjadi pakaian ready to wear terus dibina juga,” imbuh Hj. Niken Saptarini Widyawati selaku Ketua Dekranasda NTB.

bersama desainer dan para pelaku UMKM berdiskusi. foto by: Danu

Dari perkembangan program inilah, Dekranasda NTB akan semakin terbuka bekerja sama dengan pihak lain dalam mengembangkan produk UKM. “Untuk perkembangannya, Dekranasda provinsi bekerja sama dengan Dekranasda Kabupaten, contoh simpelnya, Dekranasda Kabupaten membina langsung para penenun, dan bisa juga Dekranasda Provinsi membina kabupaten, lalu kabupaten membina ke penenun. Atau bisa juga kami mengundang atau mengadakan pelatihan-pelatihan dari luar NTB, seperti Jakarta, untuk  memberitahukan bagaimana teknik menenun, bagaimana mendesain, bagaimana mewarna benang menggunakan pewarnaan alami, dan sebagainya. Hal itu merupakan salah satu pembantuan yang kita berikan untuk yang lokal,” jelas Niken.

turun langsung ke pameran untuk melihat produk lokal NTB. foto by: Danu

Dengan banyaknya program dan usahanya untuk meningkatkan, memajukan produk kerajinan lokal khas NTB, Ketua Dekranasda NTB meraih penghargaan sebagai Pembina Dekranasda Terbaik se-Indonesia tahun 2019, tepat di Pameran Kriya, dua pekan lalu. Penghargaan tersebut diraih karena Niken dipandang mampu bekerja sama dengan baik dengan kabupaten kota se-NTB. Tak hanya itu, dirinya pun dinilai mampu mengembangkan produk unggulan di NTB yang berbasis budaya dan kekayaan lokal yang mampu berdaya saing di kancah nasional hingga mancanegara.

penghargaan predikat Pembina Teladan dari Dewan Kerajinan Nasional. foto by @lombokntbpearl

Perhargaan yang diraihnya ini, tentunya sangat membanggakan, karena Niken mendapatkan di tahun pertama sebagai Ketua Dekranasda NTB. Penghargaan ini pun langsung diserahkan oleh Ketua Umum Dekranasda, Hj. Mufidah Jusuf Kalla. “Alhamdulillah, penghargaan ini diraih atas kerja sama Dekranasda Provinsi NTB dan Dekranasda 10 Kabupaten di Kota NTB. Penghargaan ini, saya dedikasikan juga untuk para perajin di NTB atas karya-karyanya yang sangat baik dan berkualitas,” tuturnya.

Untuk ke depannya, Niken berharap dengan program yang sudah dilakukan oleh Dekranasda NTB, beserta prestasi yang telah diraih ini, semakin meningkatkan semangat semua pihak. Pihak-pihak tersebut diantaranya, para perajin, masyarakat ataupun pemerintahan setempat yang terus mendukung produk lokal untuk tetap terus berkarya, “Semakin kreatif, semakin percaya diri untuk berdaya saing global,” tutupnya.

(Amanda/Tata)

Leave a Reply

Your email address will not be published.