Eksplor Warisan Budaya di Sumberwatu Heritage Resort

Menghargai filosofi warisan dan budaya, Sumberwatu Heritage Resort menghadirkan kolaborasi dengan tujuan wisata budaya dan resort. Menjadi salah satu tujuan wisata yan melestarikan kekayaan budaya lokal, Sumberwatu Heritage Resort berkomitmen untuk mengajak pengunjung untuk mengeksplorasi dan memelihara warisan budaya lokal.

Sumberwatu Heritage Resort terletak di daerah perbukitan Sumberwatu yang diantara kota Yogyakarta dan Surakarta. Sumberwatu Heritage Resort membutuhkan waktu sekitar  15 menit dari Bandara Adisucipto dan 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Dikelilingi Candi Prambanan, Candi Ratu Boko Dikelilingi oleh Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Sojiwan, dan Candi Barong. Sumberwatu Heritage Resort menawarkan pemandangan yang menajubkan dari bukit yang menghadap ke Gunung Merapi, Candi Prambanan, dan pusat kota Yogyakarta.

Resort ini memiliki beberapa fasilitas ditawarkan yang akan membuat pengunjung merasakan kenyamanan dan tetap memelihara warisan budaya lokal. Fasilitas yang pertama adalah Abhayagiri Restaurant, nama ini berasal dari ‘Abhaya’ dengan arti kedamaian dan ‘Giri’ melambangkan bukit. Abhayagiri merupakan restoran yang terletah di dalam Kompleks Sumberwatu Heritage Resort. Dengan bersantap di restoran ini, pengunjung dapat merasakan masakan yang dibuat oleh koki dan tim dengan menciptakan menu tradsional serta menu barat yang melayani di kelas Internasional. Selain itu,menu yang dihidangkan menggunakan bahan-bahan lokal. 

Restoran ini memiliki kapasitas venue  outdorr dan indoor yang dapat digunakan untuk berbagai acara seperti acara pribadi, meeting, serta pernikahan. Untuk melengkapi suasana budaya Jawa, Abhayagiri Restaurant turut menyuguhkan seni musik tradisional “Coke’an” sesuai permintaan pengunjung.

Fasiltas lainnya yang diberikan Sumberwatu Heritage Resort  adalah Villa Parang. Didesain elegan dengan ornamen Batik di setiap sisinya. Jenis-jenis villa yang tersedia dilengkapi dengan kamar bersuhu temperatur yang nyaman, kamar mandi mewah dilengkapi Jacuzzi serta ruang tamu bergaya klasik, dapur bersih, teras pribadi dengan pemandangan gunung Merapi dan , koi pond. Dan gazebo kecil. Teretak di daerah perbukitan seluas 500 m2, menghadap pemandangan teras padi yang mengesankan, Prambanan, dan Kuil Sojiwan, sera pemandangan menajubkan Gubung Merapi sebagai latar belakang yang memberikan pengunjungnya memiliki pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Menjadi salah satu warisan wisata di Yogyakarta, Sumberwatu Heritage mengambil bagian untuk melestarikan  nilai traidisi dan budaya. Kehadiran Situs Sumberwatu sebagai Situs Arkeologi sedang diawasi oleh Heritage Badan Konservasi di Yogyakarta (BPCB). Terletak persis di Open Teater dengan kapasitas lebih dari 200 tribun dengan panggung yang menggunakan pencahayaan dan sound system mendukung kinerja paling dramatis yang dimiliki. Sendratari Jonggrang dipilih sebagai salah satu pertunjukkan seni tidak hanya untuk menghibur, tetapi juga mendorong audiens untuk mengenal lebih banyak mengenai seni tari yang dikombinasikan dengan legenda. Hal ini diharapkan musik seni pertunjukkan dengan Gamelan sebagai alat musik tradisonal akan menjadi kombinasi  sempurna dengan tarian tradisional. (Andhita)

Leave a Reply

Your email address will not be published.