Nikmati Sensasi Hidangan  Arabian Night Di Utara Jakarta

Tren mencicipi aneka ragam kuliner di berbagai tempat kini menjadi salah satu kegiatan favorit dari penduduk Jakarta. Mereka ingin mengenal citarasa masakan di aneka dapur, sesuai dengan isi dompetnya. Sadar akan pentingnya inovasi dan kreasi dalam dunia kuliner,

menjadi salah satu alasan utama Botany Restaurant yang berlokasi di Hotel Holiday Inn Jakarta Kemayoran dalam menyiapkan aneka hidangannya. Holiday Inn memberikan pengalaman berbeda dalam acara berbuka puasa.

Selama bulan Ramadan, untuk memenuhi kebutuhan para pecinta kuliner Botany Restaurant menyajikan menu spesial kudapan khas Timur Tengah. Dan menu Indonesia tentunya tidak ketinggalan. Tema yang diusung selama bulan Ramadan 1440 Hijriah ini adalah “Arabian Night; Revealing Iftar,” yang merupakan cerminan dari pada perayaan saat-saat menikmati hidangan berbuka di bulan  Ramadan.

Untuk memanjakan lidah para pecinta kuliner, Botany Restaurant akan memperturutkannya dengan menu andalah kambing guling, yang tersedia dua kali dalam seminggu selama bulan Ramadan dengan tajuk “Friday Barbecue Night.” Menu andalan khas Timur Tengah lainnya seperti, Dajaj Bil Laban Batata, Shish Taouk, Samak Harra, Om Ali, Mohalabia, Basbousa, Roz Bil Halib juga disajikan secara buffet.  Demikian pula menu andalan khas Indonesia seperti Ayam Bakar Padang, Rawon Daging dengan Telur Asin, Krengsengan Sapi, Cumi Goreng Sambal Mangga, dan ragam Takjil serta jajanan pasar. Tentunya dengan beragam cara memasak dan penyajian spesial, akan menggugah selera.

Gracia Stefani selaku Assistant Marketing Comunication Manager menjelaskan, Botany Restaurant juga disulap dengan kemeriahan dekorasi tematik bertema Arabian Night.”Penambahan atribut khas Timur Tengah akan kita tampilkan, seperti cawan, teko, lentera, replika pohon kurma, bedug, dan juga fasad masjid. Serta tidak lupa terdapat pertunjukan spektakuler tarian Tanoura yang dapat disaksikan mulai pukul 19.00 WIB selama bulan Ramadan,” ucapnya.

Selanjutnya Gracia mengatakan bahwa area-area yang telah didekorasi inilah yang akan menjadi tempat berfoto favorit para pengunjung setelah berbuka puasa bersama teman maupun keluarga. “Tidak lupa, makna dibalik momen berbuka puasa itu sendiri sebenarnya adalah kebersamaan, dan kehangatan yang dirasakan bersama kerabat,” ujarnya.

Selain koleksi menu terbaik edisi Ramadan yang dihidangkan, Botany Restaurant juga tampil dengan penambahan Area Alfresco atau area outdoor sebagai wajah baru, yaitu sebuah tempat dimana pengunjung dapat mengakses lewat pintu penghubung yang tersedia di area dalam Botany Restaurant, dan selanjutnya akan melewati pijakan di tengah kolam ikan.

Cara Unik Memasak

Sajian masakan Timur Tengah di Botany Restaurant tidak hanya spesial dalam bumbu dan penyajian, namun juga cara memasaknya istimewa. Wanda Gunawan sebagai Executive Chef mengatakan, cara memasak olahan Nasi Ayam Kebuli dan Ouzi Ricenya pun terbilang unik. “Cara bakar untuk ayamnya kita masih  menggunakan batok kelapa dan berbagai kayu, seperti kayu nangka, tujuannya agar bisa memberikan aroma yang nikmat pada setiap masakannya.” jelas Wanda.

Bumbu rempah khas Timur Tengah tentu saja menonjol dalam rasa hidangan yang tersaji. Seperti Nasi Ayam Kebuli atau Chicken Kebouli dimasak dengan beraneka rempah yang juga telah di-assembly dengan citarasa setempat. Ayam dimarinasi dengan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, adas, kunyit, jahe, dan garam yang telah dihaluskan. Demikian pula dengan Nasi Kebuli. Menu khas Timur Tengah ini memiliki aroma yang sangat kuat, mendatangkan rempah dari negeri asal hidangan ini.

Menu andalan lainnya yang merebut kesan pertama tatkala menyentuh lidah adalah Ouzi Rice. Bumbunya begitu meresap dalam rasa lembut dengan aroma rempah Timur Tengah yang kuat. Ouzi Rice juga dibuat dengan bumbu yang beragam namun menggigit dengan rasa agak pedas. Masyarakat di Timur Tengah biasanya menggunakan daging kambing panggang, tapi ada juga yang menggantinya dengan daging bebek panggang sebagai campurannya. Ada taburan irisan cabai, kismis dan kacang di atas nasi. Sangatlah nikmat di tengah perut kosong setelah berpuasa seharian. Daging yang sudah matang diletakkan di atas Nasi Kebuli, dan ketika menyentuh lidah, rasanya sangat luar biasa Lezat.

Setelah puas dengan hidangan utama, untuk mengakhiri acara bersantap jangan lupa menikmati dessert yang beraneka. Mulai dari bentuk puding, cake, eskrim, hingga klappertaart juga disajikan dengan kebebasan memilih porsi. Nama sajian dessert Ramadan ala Timur Tengah di Botany Restauraunt adalah Om Ali Dessert, sebagai salah satu jenis makanan penutup yang khas dessert dengan rasa manis, dan mungkin unik bagi lidah Indonesia. Hidangan ini menggunakan bahan dasar kelapa, seperti hidangan camilan manis dari Turki yang didominasi bahan kelapa. Dahulu, Om Ali menjadi makanan yang sangat hits di Timur Tengah.

Ohya, sebelum menikmati hidangan utama, tentu saja kita pancing dulu selera makan dengan appetizer. Ragam makanan pembuka seperti salad dan sup yang selalu hangat tersedia untuk menyegarkan tenggorokan. Aneka seafood, daging merah, ayam dan pepes disajikan masih mentah, bisa dipilih dan nantinya akan dibakar di atas pangggangan bara api di area Alfresco atau area luar Botany Restaurant.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Botany Restaurant  Anda dapat mengakses langsung www.jakartalemayoran.holidayinn.com dan untuk reservasi 021-29568800 atau email ke Jessica.jessica@ihg.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.