Akses UKM ke Pasar Global semakin Terbuka

Usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia tumbuh sangat pesat. Namun, salah satu kendalanya ialah keterbatasan informasi mengenai pasar internasional. Karena itu, sinergi antar-kementerian dan lembaga terkait diharapkan dapat membantu pelaku UKM berorientasi ekspor. Salah satunya yakni melalui pelatihan, pendidikan, pameran, dan pendampingan teknis selama periode tertentu hingga pelaku UKM mampu menjadi eksportir baru.

Untuk mendorong pertumbuhan di sektor ini, berbagai pihak terus mengupayakan peluang agar UKM mampu menjangkau pasar yang lebih luas melalui platform e-Smart IKM, guna meningkatkan pengembangan kapasitas di sektor yang mendominasi populasi industri di Indonesia. e-Smart IKM adalah sistem database IKM yang tersaji dalam profill industri baik sentra maupun produk yang diintegrasikan dengan marketplace yang telah ada. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan IKM dalam akses bahan baku, teknologi, dan modal;

memberi panduan bagi pengambil kebijakan di dalam fungsi program pembinaan IKM yang lebih terintegrasi dan tepat sasaran.

Salah satu upaya pemberdayaan IKM sesuai dengan target peta Making Indonesia 4.0, yakni pada 2030 Indonesia akan kembali pada angka ekspor neto hingga 10%. Oleh karena itu, lima industri diprioritaskan pengembangannya untuk aktif melakukan ekspor. Lima sektor tersebut diantaranya industri makanan dan minuman, Fashion, otomotif, kimia, Kosmetik,serta elektronika.

Dengan demikian, e-Smart IKM mengandung manfaat memperluas akses pasar, mendapatkan promosi online (marketplace), mengurangi biaya promosi dan pemasaran, serta mendapatkan pembinaan dari pemerintah.

Workshop e-Smart IKM telah dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia dengan harapan pelaku UKM dapat memanfaatkan  fasilitas tersebut secara maksimal. Saat ini, Kemenperin mengaktifkan website ikm.kemenperin.go.id;media sosial seperti Instagram @ditjenIKM, Facebook @ditjenikmkemenperin, dan Twitter @DitjenIKM; serta melayani dengan telepon bebas pulsa 1500-775. (Susi Agustini)

Leave a Reply

Your email address will not be published.