Mitra Seni Indonesia Mantapkan Kiprah di Tengah Masyarakat

Hari Minggu  4 Agustus 2019, Mitra Seni Indonesia (MSI) sukses menggelar “Parade Seni dan Budaya” di area Car Free Day Jakarta.  Para peserta berjalan santai dengan kaus warna oranye dipadu kain etnik Nusantara baik berupa batik, tenun, songket, sarung, dan sebagainya. Acara selanjutnya dilaksanakan di halaman parkir Sarinah The Window of Indonesia, berupa pagelaran seni oleh anggota MSI dengan permainan alat musik kolintang dan angklung, serta tari-tarian Indonesia. Semua dilakukan oleh Anggota MSI, yang sebagian besar merupakan ibu-ibu dengan usia mapan.

Adapun MSI sendiri merupakan perkumpulan yang bersifat nirlaba dan non-politik, dengan ide sebagai wadah bagi yang peduli/pemerhati/pecinta/pelaku seni rupa, dan kesenian pada umumnya. Aktivitas yang dilakukan oleh MSI adalah kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan seni, yang bermanfaat bagi para anggota dan masyarakat, dapat menggalang kerja sama, peduli dan berupaya untuk melestarikan kesenian Indonesia. Rasa kebersamaan di antara sesama anggota menjadi pengikat dalam menciptakan kerukunan, kedamaian dan kebahagiaan.

aku kamu cinta seni indonesia

Visi MSI adalah : Masyarakat Indonesia yang kreatif dan dapat menikmati serta memanfaatkan hasil karya seni bangsanya, sehingga budaya luhur bangsa Indonesia tetap tumbuh lestari dalam meningkatkan citra bangsa.

Sedangkan Misi MSI : (1) Turut serta melestarikan budaya luhur bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam budaya daerah dari seluruh kepulauan Indonesia. (2) Meningkatkan apresiasi dan partisipasi masyarakat Indonesia terhadap kesenian. (3) Memanfaatkan serta mendorong kreatifitas daya cipta seni para anggota dan masyarakat Indonesia pada umumnya. (4) Membangun rasa kebesamaan dan kasih sayang serta kerukunan dan kebahagiaan batin para anggota.

Komunitas MSI adalah mereka yang aktif di ranah publik pada Era Orde Baru, dan sebagian besar kini telah berada di usia senja, yang memilih peran di tengah masyarakat pada bidang seni dan budaya. Misalnya, Ny. Harmoko, yang merupakan isteri Menteri Penerangan RI Era Orde Baru, Harmoko. Adapun Program dalam MSI diantaranya adalah :

(1) Mengadakan pelatihan/kursus yang berhubungan dengan seni, seperti : paduan suara, kolintang, melukis di atas kanvas dan kain sutra, membatik, merangkai bunga, oshibana, dan sebagainya. (2) Menyelenggarakan seminar, sarasehan, talk show mengenai seni yang bermanfaat bagi masyarakat/anggota. (3) Mengadakan wisata budaya untuk menambah wawasan anggota. (4) Mensosialisasikan dan memberikan apresiasi terhadap seni. (5) Mencari dana untuk pengembangan seni. (6) Mengadakan kegiatan sosial seperti membantu seniman yang kurang beruntung, modal kerja bagi pengrajin kecil, dan lainnya. (Agust)

Leave a Reply

Your email address will not be published.