Poltekpar Medan Gelar Workshop Cara Membangun Start Up Impian

Jumat, 6 September lalu, sebuah kegiatan workshop bertajuk “Build Your Dream Start Up” digelar oleh Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan melalui unit Inkubator Bisnis dan Bursa Kerja. Dengan program ini, diharapkan para mahasiswa tidak hanya menjadi sumber daya manusia (SDM) yang siap pakai, melainkan juga menjadi penyedia lapangan pekerjaan dengan membangun bisnis start up bidang pariwisata.

Materi tentang start up sengaja dipilih karena bisnis ini tengah berkembang pesat di Indonesia. Bisnis start up menjadikan perkembangan teknologi seperti web dan internet sebagai acuan dasar. Workshop ini akan terus dilaksanakan secara berkala untuk mahasiswa Poltekpar Medan dari setiap prodi berbeda.

Kegiatan ini diperuntukkan bagi 70 mahasiswa Prodi Manajemen Usaha Perjalanan. Hadir sebagai pembicara adalah Ikhsan Jauhari yang merupakan Founder Schlr. Ia menyampaikan materi pembekalan tentang ilmu enterpreneurship, dan pengarahan kepada mahasiswa untuk membangun mimpi dalam membuka usaha/bisnisnya sendiri melalui start up bisnis.

seminar dan workshop Build Your Dream Startup by kementerian pariwisata

Menurut Direktur Poltekpar Medan, Anwari Masatip, kegiatan ini dilaksanakan karena pihaknya menyadari bahwa memberikan pendampingan bagi mahasiswa untuk menjadi seorang pencipta lapangan kerja sangat penting untuk dilakukan. Lebih lanjut, Anwari mengatakan bahwa, mahasiswa harus memiliki jiwa kewirausahaan.

“Ini merupakan salah satu tantangan yang harus dijawab oleh Politeknik Pariwisata Medan. Tidak hanya menyiapkan SDM siap pakai, tapi juga harus menyiapkan SDM yang bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang lain,” ujarnya.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan workshop seperti ini di Medan. Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya para mahasiswa mampu membuka usaha mandiri di bidang pariwisata, khususnya untuk mendukung pariwisata Danau Toba yang telah ditetapkan pemerintah sebagai satu dari lima destinasi super prioritas.

Menurut Arief, Poltekpar Medan telah melakukan langkah yang tepat untuk menciptakan mahasiswa dengan kemampuan wirausaha. Selain kurikulum, mahasiswa juga dibekali dengan kegiatan-kegiatan untuk menambah pengetahuan wirausaha. Kedepannya, diharapkan mereka mampu untuk membuka usaha khususnya untuk mendukung Pariwisata Danau Toba,” tutup Arief Yahya. (Tien/Tata)

Leave a Reply

Your email address will not be published.