Saatnya Gaet Segmen Pasar Bisnis Anda dengan Innovation

Innovation adalah frasa kata dalam hal penciptaan yang telah diserap ke dalam bahasa Indonesia sebagai inovasi. Dengan makna pembaruan, inovasi sering dikaitkan dengan pekerjaan yaitu inovatif, bermakna menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, menjadi ada. Singkatnya, inovasi berarti menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Para pelaku inovasi disebut sebagai inovator. Perlukah kita berlaku inovatif? Tentu saja!

batik cap merupakan inovasi dari membatik dengan canting–batiksolo2

Kalaupun bukan seorang pengusaha, katakanlah seorang pengajar, dibutuhkan inovatif dalam hal menemukan metode cara cepat, agar siswa mengerti sebuah pelajaran. Misalnya, belajar membaca Alquran metode iqra merupakan inovasi cara mengajar membaca huruf hijaiyyah.

Terlebih bagi seorang pengusaha, memiliki jiwa inovatif sangat diperlukan. Seorang pengusaha harus memiliki penglihatan visi ke depan dan memiliki keunggulan dalam berprestasi di bidang usaha. Ini diperlukan untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif. Inovasi disamping menghasilkan sesuatu yang berbeda dalam usaha, akan menjadi kekhasan usaha tersebut, tentunya inovasi akan berdampak dalam memperluas segmen pasar.

air mineral dalam botol sebuah inovasi untuk memenuhi kebutuhan minum di perjalanan, awalnya sulit menjual kini persaingannya tajam–tribuntravel

Dalam peran ini, seseorang harus memiliki kreativitas. Hal ini dikarenakan, dalam proses inovasi, kreativitas merupakan pembangkitan ide yang menghasilkan penyempurnaan efektivitas dan efisiensi pada suatu sistem. Untuk produk, inovasi jelas dibutuhkan, sebab hasilnya yang tampak secara fisik menjadi daya tarik awal, dan selanjutnya daya tarik terletak pada  fungsi dari produk tersebut.

Inovasi produk seringkali merupakan solusi dari kekurangan sebuah produk yang telah diciptakan sebelumnya. Semakin kreatif seseorang, maka secara natural juga akan semakin inovatif. Akan tetapi tidak semua orang kreatif berani berinovasi, karena seringkali takut menghadapi penilaian yang dianggap aneh, dan pandangan-pandangan lain mengenai produk baru tersebut.

inovasi sampah plastik jadi bahan dinding pengganti bata–kompas.com

Namun, apabila seorang pengusaha yakin dengan inovasi produknya, maka hal apapun tidak menghalangi produk barunya, dan hanya menganggap bahwa produk tersebut mungkin pada awalnya dianggap aneh, mahal, dan sebagainya. Tapi, pada akhirnya, pasar bisa menerima produk inovatif tersebut sebagai sesuatu hal yang biasa. Dengan demikian, pengusaha tersebut telah memperluas pasar dengan menjangkau segmen baru. Maka dari itu, berpikir positif menjadikan seorang pengusaha yang kreatif mampu meraih sukses. (Susi/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.