Tembus Pasar Luar Negeri, Begini Akses UMKM

Berbagai strategi digunakan pemerintah untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar mampu menembus pasar global. Strategi-strategi yang sudah ditempuh, diantaranya, mengikuti pameran di luar negeri dan menggelar festival khusus di mancanegara. Untuk mengikuti perkembangan teknologi digital, pemerintah juga menerapkan beberapa strategi untuk mendorong penggunaan e-commerce bagi UMKM.              

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko mengatakan, bahwa dalam mengakselerasi ke pasar luar negeri tersebut, setidaknya ada empat upaya yang harus dilakukan.

stakeholder akselerasi UMKM ke pasar global- by: bi.co.id

Pertama, peningkatan kualitas produk UMKM sesuai dengan negara tujuan ekspor. Kedua, kemudahan prosedur ekspor beserta pemahaman regulasi dan prosedur dimaksud, serta program pendampingan dan pelatihan. Ketiga, peningkatan pemahaman tatacara dan prosedur pembiayaan ekspor. Sementara yang keempat, pemanfaatan  platform digital untuk memperluas pemasaran.

Selanjutnya, Onny mengatakan, pengembangan UMKM yang dilakukan oleh BI dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir dengan pendekatan klaster, wirausaha atau pendekatan Local Economic Development (LED). Untuk lebih fokus dalam mengembangkan UMKM, BI telah menyusun peta jalan UMKM dan membangun database profil UMKM.

kadin dorong digitalisasi menuju pasar global– by: kadin

“Peta ini penting untuk menerapkan kebijakan UMKM, berdasarkan klasifikasi UMKM yang telah disusun. Klasifikasi UMKM ini menghasilkan pola yang seragam dalam pengembangan UMKM yang dibagi dalam 4 level, yaitu UMKM Potensial, UMKM Sukses, UMKM Sukses Digital, dan UMKM Sukses Ekspor,” tegas Onny.

Melalui sinergi antara pemerintah, program PKBL, perbankan, perusahaan e-commerce beserta UMKM Binaan dan Mitra PKBL, UMKM Indonesia diharapkan dapat menembus pasar global, mendukung pengelolaan defisit transaksi berjalan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dukungan ini melibatkan smart contract, integrasi penuh dengan ekosistem, e-commerce, e-finance, dan jasa e-logistic.

Di lain pihak, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Oke Nurwan menyampaikan, bahwa peran swasta sangat penting untuk mendampingi kemajuan UMKM.  “Untuk menjawab permintaan dan menjaga kesinambungan suplai barang, serta melakukan pengiriman yang cepat sampai ke tujuan, diharapkan pihak swasta dapat mendampingi pelaku UKM secara langsung untuk menjawab berbagai tantangan tersebut,” ujar Oke Nurwan. (Tien/Tata)

Leave a Reply

Your email address will not be published.