Apa Itu Kualitas dan Kuantitas?

Apakah Anda sering mendengar kata kualitas dan kuantitas? Ya, kedua kata tersebut memang cukup penting bagi kehidupan kita, dan sebagian masyarakat menganggap dua kata itu sulit dibedakan. Kualitas dan kuantitas jelas memiliki arti yang berbeda.

Kualitas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah tingkat baik buruknya suatu kadar dan mutu. Sedangkan pengertian kuantitas berdasarkan sumber yang sama berarti banyaknya jumlah benda atau sesuatu. Tetapi menurut para ahli, kualitas adalah suatu penilaian customer yang sifatnya subyektif, yang ditentukan oleh persepsi terhadap suatu produk atau jasa. Sedangkan kuantitas adalah kualitas sesuatu hal yang terbentuk dari proses pengukuran.

Namun,  jika kita menilai dari sebuah produk/barang, maka kualitas sudah dipastikan tidak akan mengecewakan, tetapi harganya cenderung mahal karena dibuat dengan proses yang luar biasa sulit, dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Berbeda dengan produk yang dihasilkan secara kuantitas, sangat banyak jumlahnya di pasaran dengan harga yang murah terjangkau, tetapi Anda akan kecewa dengan mudah juga, sebab produk itu kebanyakan tidak tahan lama, mudah rapuh dan hancur.

Keberhasilan dengan Sistem Kuantitas

Alasan mengapa sangat sulit untuk lebih mengutamakan dan menekankan kualitas produk daripada kuantitas adalah sederhana. Contohnya, bisnis yang didirikan bertujuan untuk menghasilkan uang secepat mungkin dan pada margin keuntungan setinggi mungkin. Membuat produk dengan kualitas tinggi cenderung mahal dan menghabiskan waktu yang lebih banyak. Karena konsumen memerhatikan tingkat kemahalan dan lamanya pembuatan produk, maka produk tersebut bisa jadi kurang menarik bagi konsumen.

Namun, produk yang berkualitas biasa-biasa saja, diproduksi dengan cepat di pabrik yang terikat dengan komitmen waktu minimal per produk (deadtime), cenderung jauh lebih menguntungkan. Dengan marginyang lebih tinggi serta titik harga yang lebih rendah, maka konsumen akan lebih tertarik dengan produk tersebut. (Cahyo/Dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.