Apa itu Kualitas?

Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali mendengar mengenai kualitas, seperti kualitas sebagian produk  buatan luar negeri yang lebih baik daripada produk buatan dalam negeri. Berdasarkan produk-produk tersebut itulah yang menjadikan kualitas memiliki banyak kriteria yang berubah secara terus-menerus sesuai dengan penilaian tiap orang.

Konsep dari kualitas secara luas tidak hanya menekankan pada aspek hasil, tetapi juga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) beserta prosesnya. Pernyataan tersebut didukung oleh Stepgen Uselac yang menegaskan bahwa, kualitas hanya mencakup produk dan jasa tetapi juga meliputi proses, lingkungan, dan manusia.

pengertian kualitas by strategidanbisnis

Beberapa pakar dan organisasi mendefinisikan kualitas berdasarkan sudut pandang masing-masing, seperti berikut ini yang dikutip dari dictio:

  1. Menurut Joseph Juran, Kualitas adalah kesesuaian untuk penggunaan (fitness for use). Ini berarti bahwa suatu produk atau jasa hendaklah sesuai dengan apa yang diperlukan atau diharapkan oleh pengguna.
  2. Menurut Edward Deming, suatu tingkat yang dapat diprediksi dari keseragaman dan kebergantungan pada biaya rendah dan sesuai dengan pasar.
  3. Welch Jr mengatakan bahwa, kualitas adalah jaminan kesetiaan pelanggan, pertahanan terbaik melawan saingan dari luar, dan satu- satunya jalan menuju pertumbuhan dan pendapatan yang langgeng.
  4. Menurut ISO 2000, kualitas adalah totalitas kerakteristik suatu produk (barang dan jasa) yang menunjang kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dispesifikan atau ditetapkan.
  5. Menurut Soewarso Hardjosudarmo, bahwa yang dimaksud kualitas adalah penilaian subyektif daripada “costumer” penentuan ini ditentukan oleh persepsi “costumer” terhadap produk dan jasa.

Berikut elemen-elemen dari kualitas:

elemen dari kualitas by hestanto
  1. Kualitas meliputi usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan
  2. Kualitas mencakup produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan.
  3. Kualitas merupakan kondisi yang selalu berubah, seperti produk yang dianggap saat ini merupakan berkualitas, namun pada masa berikutnya mungkin dianggap kurang berkualitas.

(Sekar/Dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.