Apa Itu Merek Dagang?

Banyak orang mengatakan bahwa sebuah merek ibarat wajah dari sebuah usaha, sehingga bagi pemilik usaha, baik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) maupun non UKM, pasti membutuhkan penggunaan merek. Apalagi jika pemakaian merek tersebut dimaksudkan untuk pemakaian jangka panjang, maka melakukan pendaftaran merek akan sangat bermanfaat dan dianjurkan. Dengan adanya merek, pelanggan terbantu dalam membedakan sebuah produk yang sejenis namun, berasal dari sumber atau produsen yang berbeda. Dengan adanya merek pula, sebuah bisnis termasuk UKM, akan lebih mudah memasarkan produk atau jasanya.

Patut diketahui bahwa merek dagang adalah simbol, karakter, kata, frasa, atau ilustrasi yang membedakan produk dagangan Anda, terutama produk atau layanan Anda. Inilah yang membuat produk dagangan Anda memiliki keunikan tersendiri dari semua merek atau bisnis sejenis lainnya. Dengan adanya merek, membuat produk dagangan Anda lebih mudah dikenali oleh pembeli atau pelanggan.

Selain itu, merek dagang dipercaya menjadi motif pendorong Konsumen memilih suatu produk, karena merek bukan hanya apa yang tercetak di dalam produk (kemasannya), melainkan juga merek termasuk yang ada di dalam hati konsumen sehingga konsumen akan mengasosiasikannya.

Di Indonesia, hak merek dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001. Jangka waktu perlindungan untuk merek adalah sepuluh tahun. Berlaku surut pula sejak tanggal penerimaan permohonan merek bersangkutan dan dapat diperpanjang, selama merek tetap digunakan dalam perdagangan.

Di Indonesia, hak merek dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001. by: legalisasicom

Inilah hal yang menarik tentang merek dagang Indonesia, yaitu bukan suatu keharusan bagi Anda untuk melakukan pendaftaran perlindungan untuk merek. Meskipun begitu, banyak kasus hukum juga telah membuktikan bahwa pendaftaran perlindungan untuk merek dagang merupakan tindakan paling bijaksana untuk bisnis apa pun. (Zul/Tata)

Leave a Reply

Your email address will not be published.