Ayo, Segera Kembangkan Rencana Bisnis Sekarang Juga!

Sebelum melakukan bisnis, hal yang paling utama untuk menjalankan bisnis adalah adanya rencana bisnis. Rencana bisnis yaitu suatu deskripsi rinci dari suatu usulan bisnis, termasuk di dalamnya deskripsi bisnis yang akan digeluti, jenis pelanggan yang ingin ditargetkan, persaingan antar perusahaan yang memproduksi barang sejenis, dan fasilitas yang diperlukan untuk produksi.

rencanakan usaha secara detail–slideserve

Rencana bisnis mengutarakan bagaimana ide bisnis akan memanfaatkan karyawan, pemasok, dan kreditor, serta bagaimana ide bisnis itu akan memuaskan pelanggan dan pemilik bisnis. Oleh karena itu, ide bisnis melibatkan pengelolaan sumber dana, ide pemasaran, dan ide pendanaan. Rencana bisnis yang lengkap biasanya termasuk penaksiran lingkungan bisnis, rencana manajemen, rencana pemasaran, dan rencana keuangan.

perencanaan usaha penting untuk mencapai keberhasilan usaha –jurnal.id

Penaksiran lingkungan bisnis terdiri dari lingkungan ekonomi, lingkungan industri, dan lingkungan global. Rencana manajemen terdiri dari rencana tentang struktur organisasi,  produksi, dan sumber daya manusia (SDM). Adapun Rencana pemasaran meliputi rencana tentang target pasar, karakteristik produk, penentuan harga, distribusi, dan promosi. Sedangkan Rencana keuangan diantaranya adalah tentang kelayakan bisnis (feasibility study) dan pendanaan bisnis.

Untuk memudahkan pelaksanaannya, perencanaan bisnis juga dilaporkan dalam bentuk ‘Ringkasan Rencana Bisnis’ yang terdiri dari:

team yang solid dan kompak tentukan bisnis berjalan sesuai perencanaan –lighthousegroup.co
  1. Deskripsi usulan bisnis, yaitu menjelaskan mengenai kelebihan dan prospek produk yang ditawarkan oleh bisnis yang diusulkan.
  2. Perkiraan atas lingkungan bisnis yang kemungkinan berpengaruh, terdiri dari lingkungan ekonomi, lingkungan industri, dan lingkungan global.
  3. Rencana manajemen, yang terdiri dari struktur organisasi berikut job diskripsi, proses produksi, dan pengelolaan karyawan.
  4. Memperhitungkan kelayakan bisnis yang terdiri dari penghasilan, pengeluaran, dan keuntungan dari bisnis yang diusulkan untuk lima tahun yang akan datang. Estimasi ini mungkin saja berubah disebabkan oleh berbagai kemungkinan, seperti kondisi ekonomi atau industri.
  5. Menentukan dana yang diperlukan. Penting agar bisa memperkirakan berapa dana yang dibutuhkan untuk mendirikan bisnis dan mendukung operasionalnya, setidaknya dalam lima tahun.

Hasil akhir merupakan buah dari suatu perencanaan,  dan perencanaan yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula. Oleh karena itu, rencanakan bisnis Anda dengan seksama dan sebaik-baiknya, agar tidak menyesal di kemudian hari! (Susi/Tata)

Leave a Reply

Your email address will not be published.