Bagaimana Cara Memilih Produk Yang Berkualitas?

Cara memilih produk yang berkualitas butuh ketelitian yang tinggi, karena produk yang ditawarkan relatif dan banyak. Anda sebagai konsumen terkadang dilema dihadapkan banyak jenis produk yang memanjakan mata dan selera.  Kemudian, bagaimana cara memilih produk yang berkualitas?

Banyak produk yang dijual dan mempengaruhi keinginan terhadap produk yang begitu tunggi namun dana tidak mencukupi, banyak produk yang sama dijual mall besar tapi ada juga produk yang sama dijual di pasar biasa. Hal tersebut sering membuat anda terjebak dengan tawaran lebih murah dengan membeli produk yang  tidak sesuai dengan ekspetasi awal sehingga anda menjadi kecewa. Untuk mengehindari kekecewaan, berikut pembahasan bagaimana cara memilih produk yang berkualitas dikutip dari dinoilahude.

  1. Menentukan Kebutuhan Terlebih Dahulu Bukan Keinginan
Kebutuhan dan keinginan by DBS Bank

Apakah produk ini menunjang kebutuhan bisnis atau usaha anda? Jika ini pilihannya, akan lebih mudah menentukan fungsi dan karakteristik produk yang diingingkan agar sesuai ekspetasi kegiatan usha. 

Atau sekedar keinginan untuk menunjang lifestyle atau penampilan? Perlu diingat, pilihan ini memiliki resiko biaya pengeluaran lebih banyak dan sulit mengontrolnya. Karena untuk kedepannya, akan muncul produk yang berkualitas.

  • 2. Menentukan Budget
menentukan budget by PT Mid Solusi Nusantara (1)

Budget dalam hal ini merupakan dana yang dikeluarkan untuk produk tersebut, jika spesifikasi produk yang dibutuhkan melebihi budget sebaiknya anda mempertimbangkan mengeni fungsi produk tersebut. Perlu diketahui bahwa setiap produk memiliki kekurangan dan kelebihan, oleh sebab itu anda harus mengetahui produk yang anda beli.

  • 3. Menentukan Produk yang Di inginkan serta Pelayanan Purna Jual
layanan purna jual by ready market

Dalam menentukan produk, anda harus lebih teliti dan menanyakan kepada penjual mengenai fungsi produk yang anda inginkan agar sesuai dengan eskpetasi awal. Apakah fitur-fiturnya bisa mengatasi masalah yang anda hadapi? Check visual baik dari kemasan, tidak ada cacat fisik dan fungsi untuk membantu kedepannya serta harus mempertimbangkan pelayana purna jual atau pelayanan setelah transaksi penjualan dari produsen tersebut. Produk yang tidak memiliki tempat pelayanan purna jual biasanya hanya untuk produk consumable atau produk sekali pakai.

(Laras)

Leave a Reply

Your email address will not be published.