BIAR PAHAM GO DIGITAL BELAJAR BISNIS ONLINE, YUK!

Era digital yang ditandai dengan adanya revolusi industri 4.0, telah merambah ke segala bidang, termasuk dunia bisnis yang mengalami revolusi dalam hal mempertemukan supply and demand. Perjumpaan antara penjual dan pembeli berkembang ke ranah pasar digital yang disebut bisnis online atau Go Digital. Jika Anda memiliki ide bisnis maupun produk unik, sudah bisa langsung menjualnya dengan akses internet melalui media sosial. Jadi, semua orang dengan mudah bisa menjalankan bisnis online termasuk pelaku UMKM. Go Digital memang tak terelakkan.
Lalu, bagaimana dengan Anda yang belum berbisnis online? Anda pun bisa mempelajarinya melalui ulasan-ulasan sebagai berikut, simak, yuk!


Dengan asumsi bahwa Anda telah siap dengan perangkat online, yaitu gadget, koneksi internet, nomor smartphone, akun e-mail, akun lalu lintas transaksi keuangan, dan produk yang akan dijual, maka Anda pun bisa langsung melakukan ini, diantaranya:
Jika Anda memulai dengan website, maka sebaiknya meminta bantuan konsultan web yang akan menyelesaikan urusan Anda dalam Go Digital dengan cara ini. Konsultan akan mengurus mulai dari mendaftar akun web, desain web, dan sebagainya. Sementara Anda menyiapkan foto yang layak dan storyline terkait dengan produk, agar lebih menarik. Selanjutnya, Anda bisa menggaji seorang admin yang akan menjalankan web tersebut atau Anda sendiri belajar cara mengoperasikan web Anda.
Sedangkan bisnis online dengan marketplace, untuk action pertama tentunya harus mendaftar, terkadang dengan biaya, adapula yang tidak. Marketplace yang bersangkutan akan menuntun cara-cara menitipkan produk Anda, dan ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi baik oleh produsen maupun oleh pihak toko. Sebelum produk Anda diperdagangkan, ada semacam nota kesepahaman yang harus ditaati sebagai perjanjian bersama. Adapun beberapa marketplace yang dimaksud, diantaranya Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, Alibaba, dan sebagainya.

Jika pilihannya berbisnis melalui media sosial (medsos), maka daftarkan bisnis Anda melalui akun di Instagram, Facebook, Twitter, dan menjadi anggota grup di WhatsApp, serta media sosial lainnya. Keuntungan pasar medsos, selain gratis, yaitu penyedia dan pengguna telah saling mengenal, atau setidaknya saling percaya karena berada dalam komunitas yang saling terkait. Di sisi lain, karena gratis, pengguna bisa datang dan pergi dengan identitas terselubung. Oleh karena itu, terkadang pembeli potensial tidak percaya begitu saja, atau harus ekstra hati-hati karena rawan penipuan. Adapula cara bisnis online yang serupa dengan media sosial yaitu blog. Nah tinggal pilih. Tunggu apa lagi ?

Yuk, bawa bisnis Anda ke ranah Go Digital! Siapkan keperluannya sekarang juga! (Agus/dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.