Cara Mengelola Keuangan Bisnis

Berbisnis tentu saja tidak lepas dari masalah finansial. Masalah finansial ini haruslah dikelola dengan baik. Sebab, mengelola finansial/keuangan dengan baik merupakan salah satu hal yang penting saat memulai bisnis hingga menjalankan dan mengembangkan bisnis agar tidak terjadinya kerugian. Oleh karena itu, berikut ini IndonesianCraft mengajak pebisnis untuk menyimak cara mengelola keuangan bisnis dengan baik, diantaranya:

Menentukan Presentase

menentukan presentase keuangan dalam menjalankan binis by sleekr.co

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan presentase keuangan, yang dialokasikan untuk operasional bisnis, seperti berapa persen target laba yang ingin dicapai, berapa persen uang untuk cadangan kas bisnis, serta berapa persen uang untuk pengembangan bisnis. Dengan menentukan presentasi, lebih mudah mengelola keuangan sesuai dengan porsi yang telah ditentukan ketika awal memulai bisnis.

Negoisasi

melakukan negoisasi dapat menjaga kestabilan keuangan bisnis by koinworks.com

Para pebisnis harus menggali tawaran yang bagus. Saat melakukan pembelian dari vendor atau kontrak dengan supplier, cobalah bernegoisasi dengan supplier untuk kesempatan yang lebih baik. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa syarat pembelian seperti denda dan masa tenggang saat membuat keputusan. Dengan bernegoisasi, pebisnis mampu mendapatkan penawaran terbaik sehingga bisa menghemat dan menjaga kestabilan keuangan bisnis.

Melakukan Putaran dari Kas

bagimana cara mengelola arus kas perusahaan by pojokbisnis.com

Dalam mengelola keuangan bisnis meliputi bagaimana mengelola utang, piutang, hingga persediaan. Banyak usaha yang mengalami kesulitan kas walaupun catatan akuntansi mereka menunjukkan angka yang baik. Perhatikan dalam mengelola arus kas perusahaan Anda. Berikut cara memperbaiki arus kas perusahaan dikutip dari jurnal.id

  • Pembayaran Tepat Waktu

Sangat penting untuk membayar semua tagihan bisnis tepat waktu. Caranya, siapkan pengingat bulanan untuk memastikan tidak ada tagihan bisnis yang telat dari jatuh tempo. Kemudian, hindari keterlambatan pembayaran biaya juga dapat menjaga keuangan bisnis dengan baik.

  • Mengurangi Risiko Utang

Mengembangkan bisnis dengan cara berutang memang diperbolehan, namun harus berhati-hati dengan utang. Tambahan beban cicilan utang dalam kondisi keuangan yang kurang baik hanya akan memperburuk keadaan bisnis.

  • Merencanakan Pengembangan Bisnis

Pebisnis harus menyisihkan sebagian keuangan untuk pengembangan bisnisnya. Pengembangan bisnis yang tepat juga menjadi salah satu bentuk investasi yang perlu dilakukan.

  • Membuat Buku Keuangan

Perlu adanya catatan keuangan, seperti membuat laporan keuangan baik itu laporan laba-rugi maupun neraca. Cobalah dengan mencatat semua kegiatan keuangan ke dalam pembukuan. Dengan demikian, dapat mengontrol semua transaksi keuangan bisnis. Selain itu, pembukuan juga mempermudah untuk mengevaluasi perkembangan bisnis.

(Zul/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.