Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Produk

Sebuah perusahaan memiliki kelebihan masing-masing untuk menghasilkan produknya. Ada perusahaan yang menghasilkan secara massal menggunakan mesin. Ada pula perusahaan yang menghasilkan produk sedikit karena mengutamakan kualitas. Perusahaan bisa saja meningkatkan kualitas yang baik serta kuantitas yang memadai secara bersamaan.

Sebelumnya pahami terlebih dahulu, apa itu kualitas dan kuantitas?

Kualitas merupakan tingkat baik buruknya atau derajat sesuatu. Istilah ini lebih sering digunakan pada bidang bisnis, teknik dan lain sebagainya. Sebuah kualitas dinilai oleh baik atau buruknya sesuatu. Jika ada sebuah perusahaan yang menghasilkan produk buruk, maka kualitas yang dihasilkan oleh perusahaan itu adalah buruk. Itulah standard yang ditentukan oleh kualitas.

kualitas atau kuantitas by dipoputra

Sedangkan kuantitas, yakni banyaknya atau jumlah. Berbeda dengan kualitas yang memiliki standard ukuran dengan baik atau buruk. Sedangkan kuantitas lebih terarah pada jumlah sesuatu. Jika sebuah perusahaan mampu menghasilkan produk yang banyak, maka itu disebut sebagai kuantitas.

Setelah memahami kualitas dan kuantitas, Anda pun bisa melakukan beberapa cara yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas secara bersamaan untuk perusahaan Anda, yaitu:

  1. Intensifikasi

Suatu upaya untuk meningkatkan hasil produksi, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya dengan cara memperbaiki metode kerja.

  • Ekstensifikasi

Upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dengan cara menambah faktor-faktor produksi seperti, penambahan tenaga kerja, penambahan bahan baku atau pergantian mesin dengan mesin yang lebih baik.

  • Diversifikasi

Upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi dengan cara mengembangkan atau menambah keanekaragaman jenis hasil produksi, seperti pada produk minuman. Sebelumnya produk minuman tersebut hanya menghasilkan satu rasa, kemudian dalam ragka meningkatkan kuantitas produksi, maka ditambah menjadi tiga rasa atau lebih sehingga konsumen dapat menikmatinya.

  • Rasionalisasi

Upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi dengan cara menerapkan sistem manajemen yang lebih efektif; dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti untuk menghemat tenaga manusia digunakan mesin-mesin baru.

Begitulah cara-cara yang bisa diterapkan oleh perusahaan Anda demi meningkatkan kualitas dan kuantitas secara bersamaan.

(Zul/Dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.