Dukung UKM untuk “Go Global”

Desakan era globalisasi saat ini membuat pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) harus tetap mengedepankan dan menjaga kualitas produk yang dihasilkan, agar tetap eksis sehingga mampu melaju menuju pasar internasional.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Samuel Wattimena  menjelaskan bahwa, untuk mencapai “Go Global”, yakni agar UKM maupun UMKM yang ingin maju, harus memiliki standardisasi yang dibuat dengan kemampuan sendiri, seperti menentukan kapasitas produksi yang harus yakin dengan  kertersediaan bahan bakunya.

Samuel Wattimena Berikan Tips UKM Go Global by Ecy Marrafa

“Jangan sampai kita kekurangan bahan baku. Hal ini sangat berbahaya, terlebih jika pemerintah sudah gencar memproduksikan UMKM di daerahnya (namun bahan baku belum tersedia). Saat pesanan datang dalam jumlah yang banyak, pelaku usaha tidak memenuhi permintaan pasar,” ujar Samuel pada peringatan hari UMKM Nasional Tahun 2019 di Kampung Duku, Desa Kembaran Wetan, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Jawa Tengah. Hari UMKM Nasional jatuh pada tanggal 12 Agustus dan diperingati setiap tahun oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Baca juga : https://indonesiancraft.co.id/main-craft/ayo-bergabung-gerakan-umkm-go-online/

Dukungan pun datang dari berbagai pihak, salah satunya Ralali.com dengan platform marketplace Business to Business (B2B), yang saat ini telah menaungi lebih dari 600.000 UMKM dan memiliki target pemberdayaan 1 (satu) juta UMKM dalam 4 (empat) bulan ke depan.

marketplace Ralali.com by ralali.com

Inovasi ini dibantu dengan hadirnya platform digital BIG Agent yang berperan membantu pelaku UMKM agar terhubung dengan berbagai solusi terkait kebutuhan usaha yang kompleks dengan tepat serta efektif melalui kinerja yang memberikan layanan survey pasar, promosi, dan akuisisi (penjualan) bagi pelaku UMKM.

(Sekar/Ita)

Leave a Reply

Your email address will not be published.