Industri Kerajinan Jadi Sorot Tingkatkan Perekonomian Nasional

Perekonomian nasional menjadi sesuatu yang harus diperhatikan untuk memajukan Indonesia menjadi negara dengan tingkatan ekonomi yang lebih baik di mancanegara. Beberapa sektor industri terus digenjot agar mampu berperan dalam peningkatan perekonomian. Dalam hal ini, sektor industri kerajinan memiliki peranan penting bagi perekonomian nasional. Hal ini, terlihat dari jumlah penyerapan tenaga kerja dan sumbangsih terhadap devisa melalui capaian ekspor produknya yang cukup signifikan.

Kementerian Perindustrian mencatat, nilai ekspor produk kerajinan nasional menembus hingga USD870 juta sepanjang tahun 2018. Dengan beberapa negara tujuan utama pengapalannya, antara lain ke Amerika Serikat, Jepang, Belanda, Inggris, Singapura, dan Jerman.

foto by: IndonesianCraft

Melihat hal ini, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, “Jumlah industri kerajinan di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 700 ribu unit usaha dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 1,32 juta orang.”

Dirinya pun optimis mengenai potensi industri kerajinan nasional yang nilai ekspor produknya akan semakin meningkat, seiring dengan adanya perbaikan mulai dari aspek kualitas produk hingga pada segi desain dan kemasan. “Sektor kriya merupakan salah satu dari kelompok industri kreatif, yang saat ini sudah memiliki jaringan pasar yang luas di tingkat mancanegara,” ungkapnya. 

foto by: IndonesianCraft

Untuk itu, Kemenperin terus aktif mempromosikan produk kerajinan nasional melalui berbagai pameran di dalam maupun luar negeri. Tak ketinggalan, pemberian fasilitas terhadap pelatihan dalam pemanfaatan teknologi dan pengembangan kompetensi SDM-nya juga terus digencarkan, agar IKM nasional semakin berdaya saing global. (Saras/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.