Ingin Lolos Kurasi Produk? Siapkan Hal-Hal Berikut!

Setelah sebelumnya IndonesianCraft membahas kurasi-kurasi yang harus diperlukan oleh para pelaku UKM agar produk yang dijual dapat memberikan jaminan kualitas dan keamanannya. Dengan telah mendapatkan jaminan kualitas dan keamanan produk yang dijual, maka legalitas produk pun tidak diragukan lagi.

Setelah mempersiapkan hal-hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan kurasi, berikut merupakan cara agar lolos dari kurasi yang diambil dari berbagai sumber, diantaranya:

  • Memiliki Good Product
Memiliki Good Product by miramiut.com

Produk yang ditawarkan harus memiliki good product yang dapat diperbesar kapasitasnya. Selain untuk kurasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) diminta untuk meningkatkan kualitas dan mutu produknya agar dapat bersaing di pasar domestik hingga pasar global.

  • Packaging yang Serius
Packaging Yang Serius by amazonaws.com

Kemasan menjadi hal yang penting dalam pemasaran produk, dimulai dari penataan produk dalam kemasan, bahan kemasan, fungsi kemasan hingga desain bentuk dan grafis dari kemasan serta semua yang terkait dengan label kemasan.

Tidak sedikit pula beberapa pelaku UKM yang tidak begitu memedulikan kemasan produknya, sehingga produknya menjadi monoton dan membosankan. Oleh sebab itu, banyak pelaku UKM yang dianjurkan untuk mengikuti kurasi kemasan produk. Sebelum melakukan kurasi, diperlukan mengikuti pelatihan mengenai kemasan produk untuk memperbaiki mutu kemasan dan daya tarik produk.

  • Financial Report
financial product by linkedin.com

Sebagai pelaku UKM, harus bisa mengatur keuangan yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Tanpa manajemen keuangan yang jelas, suatu bisnis akan terancam pailit atau dituntut karena tidak dapat membayar pajak yang semestinya. Dengan laporan keuangan yang jelas, maka produk UKM akan lolos dari kurasi.

  • Storytelling
storytelling by dinkopukm(dot)slemankab.go.id

Pelaku UKM tidak hanya berjualan produk, melainkan juga bercerita dalam produk tersebut.  Penciptaan produk yang kuat melalui storytelling dengan memberikan sebuah iklan yang bercerita atau sebuah iklan promosi dalam bentuk cerita. Melalui sebuah kisah, pikiran orang akan jauh lebih berkesan mengenai merek tersebut, serta produk UKM yang diiklankan akan terus melekat dalam ingatan.

Itulah hal-hal yang harus dipersiapkan saat akan melakukan tahapan kurasi, sehingga usaha yang diajukan bisa lolos dari kurasi.

(Zul/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.