Jadi Gaya Hidup, Milenial Bisa Habiskan 5 Juta per Bulan Lewat Dompet Digital

Era digital seperti saat ini membuat dompet digital menjadi bagian dari gaya hidup generasi milenial. Kemudahan yang diberikan oleh dompet digital membuat orang-orang senang menggunakannya untuk bertransaksi tanpa perlu menyediakan uang cash.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Ipsos Indonesia, milenial menghabiskan pengeluaran rerata Rp1,25 juta hingga Rp5 juta per bulan melalui dompet digital. “Angka ini sama dengan 20 persen dari total pendapatan mereka,” ucap Research Director Customer Experince Ipsos Indonesia Olivia Samosir.

Penelitian Ipsos Indonesia melibatkan 500 responden di lima kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Palembang dan Manado. Responden tersebut didominasi oleh kalangan dari segmen milenial dengan kelas ekonomi menengah ke bawah yang memiliki potensi terbesar sebagai pengguna dompet digital.

generasi milenial, foto by unair news

Dalam penelitian tersebut, Ipsos juga menemukan bahwa sekitar 68 persen dari milenial menggunakan dompet digital minimal satu hingga dua kali dalam seminggu. Adapun nilai top up sebesar Rp140.663 setiap minggunya.

Ipsos pun menemukan sebanyak 40 persen milenial menggunakan dompet digital untuk pembayaran transportasi online. Adapun yang menggunakan dompet digital untuk pembelian makanan dan minuman pesan antardaring sebesar 32 persen, sedangkan pembelian melalui luring sebesar 12 persen.

Dalam penelitian dompet digital tersebut, Ipsos menemukan 71 persen dari generasi muda termotivasi untuk pertama kalinya menggunakan dompet digital, karena adanya promo yang ditawarkan. Namun, seiring mereka terbiasa dengan kenyamanan yang ditawarkan dompet digital, loyalitas mereka tidak lagi ditentukan semata-mata oleh promo.

(Cahyo/Tata)

Leave a Reply

Your email address will not be published.