Kemenko Perekonomian Gandeng Zilingo Berdayakan UMKM Perempuan dalam Program SheWorkz

Dalam perekonomian di Indonesia, kebanyakan pelaku bisnis diprakarsai oleh perempuan. Pengaruh potensi pelaku usaha perempuan pun dalam bidang perekonomian nasional dinilai sangat besar. Hal ini, membuat perempuan semakin diakui kehebatannya dalam menjalankan bisnis yang semakin inovatif dan kreatif untuk tetap eksis di pasar lokal maupun internasional.

Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia membantu pemberdayaan perempuan dengan menyalurkan KUR kepada para pengusaha UMKM perempuan yang bergerak di bidang fesyen dan gaya hidup. Dalam pemberdayaan perempuan sebagai pekerja di sektor ekonomi digital, pihaknya menjalin kerja sama dengan salah satu platform e-commerce, yaitu Zilingo dalam program “SheWorkz”.

Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia Darmin Nasution by @perekonomianRI

Pada programnya tersebut, Zilingo memberikan pelatihan kepada kelompok perempuan cara memproduksi busana dengan kualitas baik. Apabila hasil produk busana tersebut baik dan memenuhi standar, Zilingo akan hadir sebagai offtaker online, yaitu membeli produk busana tersebut dan memasarkannya melalui platform marketplace yang dikelolanya.

CEO dan Co-Founder Zilingo, Ankiti Bose mengatakan bahwa, perempuan memiliki potensi namun kurang dimanfaatkan untuk ekonomi Asia. Mereka hanya menyumbang 24% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) di Asia Selatan dan Tenggara. Berdasarkan hal tersebut, telah mendorong Zilingo untuk memberikan solusi melalui SheWorkz.

Pemerintah Ajak Zilingo Berdayakan Perempuan, UMKM, dan Produk Dalam Negeri by @perekonomianRI

“Tujuan program SheWorkz, yaitu menghadirkan program manufaktur terdesentralisasi terbesar untuk memberdayakan pengusaha mikro perempuan di Indonesia. Kami sangat berterima kasih atas dukungan penuh dari Kemenko Perekonomian, sehingga memacu semangat kami untuk mewujudkan keuangan inklusif yang lebih baik, bagi lebih banyak perempuan di industri manufaktur busana,” ujar Ankiti.

Program ini akan berlangsung selama satu tahun mendatang dan akan berlanjut ke luar Jakarta, diantaranya Cirebon dan Tasikmalaya. Diharapkan dengan adanya SheWorkz dapat dijadikan program berkelanjutan dan direplikasi di berbagai daerah lainnya di Indonesia melalui kerja sama dengan berbagai pihak terkait. (Mul/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.