Kemenperin Dorong Pelaku IKM dalam Desain Produk Kreatif

Dalam melakukan pemasaran bisnis, diperlukan beberapa metode yang diperhatikan untuk meningkatkan angka penjualan. Salah satu untuk meningkatkan penjualan dalam memasarkan produk adalah kemasan produk termasuk desain produk tersebut. Desain produk merupakan pembahasan mengenai bidang pemasaran yang sangat penting. Di era modern ini, produk tidak hanya dilihat dari fungsi, namun juga estetika dari desain produk tersebut. Dalam hal ini, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar mampu meningkatkan inovasi dan kreasi desain produknya. Untuk mampu berdaya saing global, IKM nasional perlu mengikuti selera pasar dan perkembangan teknologi terkini.

“Dengan terciptanya ekosistem tersebut, tentunya akan memacu desainer untuk menghasilkan produk-produk berkualitas dan inovatif dengan desain yang menarik, sehingga juga dapat meningkatkan citra positif produk Indonesia di pasar domestik dan ekspor,” kata Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Guna mencapai sasaran tersebut, Kemenperin mewujudkannya melalui gelaran Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019 dengan mengusung tema ‘Indonesian Design Goes Global’ sebagai ajang penghargaan tertinggi dalam bidang desain industri dan desain produk di tanah air. Selain itu, kegiatan tersebut dapat mengangkat kemampuan dan potensi yang ada di Indonesia, baik itu seni dan budayanya maupun kompetensi sumber daya manusianya. “Melalui ajang IGDS 2019, akan membangun produk IKM kita agar berkualitas prima, serta memiliki desain yang menarik,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA), Kemenperin Gati Wibawaningsih.

sesi foto bersama para pemenang foto by instagram @kemenperin RI

Tahun ini, sebanyak 333 produk yang terdaftar dalam pagelaran IGDS 2019, atau bisa dikatakan naik jumlahnya hingga 37% dibanding tahun sebelumnya. Dari total tersebutlah, nantinya akan terus diseleksi dan yang telah memenuhi syarat menjadi 325 produk, kemudian jadi 172 produk, hingga menjadi 20 finalis. Tidak hanya itu, terdapat juga penghargaan People’s Choice diberikan kepada satu produk yang dipilih secara online. Lalu, ada penghargaan Best 3 yang diberikan kepada tiga produk terbaik. Selanjutnya, penghargaan Grand Award sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada produk terbaik.

Airlangga pun mengatakan, produk yang mampu bersaing secara global adalah produk yang mengedepankan nilai-nilai inovatif, kreatif, berkualitas, dan orisinal, yang salah satunya dapat direpresentasikan dalam suatu desain. Artinya, desain merupakan elemen penting yang mampu memberikan nilai tambah suatu produk, baik dari sisi penampilan maupun fungsi.

Bentuk apresiasi kepada para pemenang Best 3 dan Grand Award, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan international trip berupa workshop atau pameran. “Dengan adanya program IGDS Awards 2019, diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan, namun akan menjadi gerakan yang dapat meningkatkan citra positif bangsa melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dengan desain yang berkualitas,” tutup Gati. (Cahyo/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.