Manfaatkan Media Sosial, UMKM Terdorong untuk Maju

Munculnya industri 4.0 menjadi tantangan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus berkembang dengan memanfaatkan potensi teknologi informasi. Teknologi informasi menawarkan banyak manfaat bagi UMKM, yaitu untuk meningkatkan produktivitas dan pemasarannya. Salah satu teknologi informasi yang sedang berkembang pesat dan sangat berpotensi untuk mendorong kinerja UMKM adalah media sosial. Media sosial memiliki potensi untuk menghubungkan banyak orang dengan mudah dan gratis, tanpa batas dan waktu.

Dengan adanya media sosial, UMKM dapat meningkatkan kemampuan penjualan produknya secara efektif dan efisien. Tetapi, tingginya persaingan mengharuskan UMKM inovatif dalam menjajakan produk, sekaligus membangun kepercayaan pelanggan.

Instagram sebagai salah satu contoh memanfaatkan potensi teknologi informasi

Berikut ini strategi yang harus dilakukan UMKM agar bisa mendorong pemasaran dengan memanfaatkan media sosial.

1.Brand produk akan lebih dekat dengan konsumen melalui pesan instan.

Pesan pendek (pesan instan) yang dikirim langsung kepada seseorang akan membuat produk UMKM bisa lebih cepat memengaruhi si orang itu agar menjadi calon pelanggan.

2. Media sosial akan berfungsi seperti Google.

Media sosial (medsos) telah menciptakan fitur yang mampu mencari informasi suatu produk yang dijual hanya dari gambar di smartphone, sehingga akan memudahkan pengguna mencari informasi apapun mengenai produk yang akan dibelinya. Jadi, dalam penggunaan di media sosial, UMKM harus menyediakan informasi lebih lengkap pada profilnya.

3. Membeli produk langsung di media sosial.

Kini, dengan munculnya media sosial, konsumen bisa memilih langsung untuk membeli sebuah produk melalui media sosial. Cara ini membuat proses transaksi berjalan dengan lebih sederhana dan praktis.  (Cahyo/Tata)

Leave a Reply

Your email address will not be published.