Oven Pengering Serai Buatan Kemenperin RI Dipakai IKM Teh Serai

Beragam daerah di Indonesia tentunya memiliki kuliner yang khas di setiap daerahnya. Kuliner khas di setiap daerah ini menjadi menu unggulan yang wajib dicicipi wisatawan. Tak terkecuali minuman khas Kaliman Timur, yakni teh serai. Ternyata minuman teh serai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiat dari teh serai ini ternyata ada produk kemasan yang dibuat oleh Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin RI) melalui Balai Riset & Standardisasi Industri Samarinda.

Kemenperin RI melalui balai risetnya terus melakukan riset dan inovasi untuk menghasilkan teknologi yang dapat diimplementasikan oleh pelaku industri. Salah satu hasil riset tersebut adalah oven pengering serai hasil tim peneliti dan perekayasa dari Balai Riset & Standardisasi Industri Samarinda.

tim peneliti dan perekayasa dari Balai Riset & Standardisasi Industri Samarinda by instagram @baristandsamarinda

Oven ini merupakan modifikasi dari oven sederhana yang digunakan sebagai proses pengering serai untuk membuat teh serai. Oven modifikasi ini telah diimplementasikan oleh para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) teh serai di wilayah Kalimatan Timur dan sekitarnya. Selain itu, mampu membuat kegiatan produksi teh serai berjalan secara efisien serta meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan.

Monitoring dan evaluasi kegiatan litbangyasa di baristand industri Samarinda by instagram @baristandsamarinda

Keunggulan lain dari oven pengering serai ini dibandingkan oven lainnya adalah alat pengatur suhu yang bekerja secara otomatis. Walaupun proses kerjanya cepat dan otomatis, alat ini pun juga hemat bahan bakar, jadi tidak perlu dikhawatirkan mengenai bahan bakar oven pengering serai ini. Bahkan, hasil produknya pun memiliki daya tahan yang lama. (Mul/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.