Pengertian dan  Keuntungan  FinTech

Saat ini Indonesia sedang memasuki era globalisasi yang kehidupan dan aktivitas masyarakatnya akan lebih mudah dan efektif dengan peran dunia digital. Penggunaan teknologi juga memungkinkan perusahaan untuk bersaing dengan organisasi keuangan ‘tradisional’, dengan memberikan solusi cepat dan mudah. Sebagian besar layanan digital keuangan mudah untuk semua kebutuhan di pasar keuangan, seperti pembayaran/P2P/Investasi/Perbankan Digital/Pendanaan CrowdFunding, dan masih banyak lagi.

Salah satu perkembangan teknologi yang sedang naik daun adalah bidang Fintech (Financial Technology). FinTech sendiri memiliki keuntungan bagi berbagai pihak, baik konsumen, layanan FinTech, maupun negara. FinTech merupakan singkatan dari financial dan technology, yang berarti sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan yang inovatif dan kreatif untuk merancang, dan memberikan produk, serta layanan keuangan secara efisien. Gagasan utama Fintech adalah membuat layanan keuangan lebih baik untuk konsumen, bukan untuk mengeluarkan bank dari bisnis.

Pembayaran Menggunakan Kartu by businessafricaonline

FinTech hadir seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini didominasi oleh pengguna teknologi informasi untuk memenuhi tuntutan hidup yang serba cepat dan praktis. Dengan FinTech, permasalahan dalam transaksi jual-beli menjadi lebih mudah dan cepat, seperti tidak sempat mencari barang ke tempat pembelanjaan, hanya browsing barang yang ingin dibeli di sosial media kemudian ke bank/ATM untuk mentransfer dananya. Dengan kata lain, FinTech membantu transaksi jual-beli dan sistem pembayaran menjadi lebih efisien dan ekonomis.

Keuntungan FinTech by Jakpost

Dikutip dari situs Bank Indonesia, berikut keuntungan dari FinTech untuk konsumen, layanan FinTech, dan negara :

Konsumen

Mendapat layanan yang lebih baik

Pilihan yang lebih banyak

Harga yang lebih murah

Pemain FinTech

Menyederhanakan rantai transaksi

Menekan biaya operasional dan biaya modal

Membekukan alur informasi

Negara

Mendorong transmisi kebijakan ekonomi

Meningkatkan kecepatan perputaran uang sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat

Di Indonesia, FinTech turut mendorong Strategi Nasional Keuangan Inklusif/SKNI.

(Mul/Dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.