Perbedaan  MUTU dan KUALITAS

Sebagian dari kita menyamakan arti dan makna dari mutu dan kualitas. Dilihat dari dua kata asal serapannya, yaitu mutu berasal dari khazanah literasi bahasa asli Indonesia, baik Melayu ataupun Jawa, sedangkan kualitas merupakan serapan dari bahasa Inggris, yaitu quality, memanglah memiliki arti dan makna yang sama.

Namun, dalam khazanah Ilmu Bisnis dan Manajemen, dua hal tersebut nyatanya dibedakan. Banyak teori bisnis dan manajemen yang menyebutkan tentang definisi yang memperlihatkan perbedaan  mutu dan kualitas, diantaranya tentang mutu oleh Kramer dan Twigg (1983), Hubeis (1984) dan  Fardiaz (1997). Adapun pengertian kualitas sudah dibahas di https://indonesiancraft.co.id/main-craft/apa-itu-kualitas/

Menurut Kramer dan Twigg, mutu adalah gabungan sejumlah atribut yang dimiliki oleh bahan atau produk yang dapat dinilai secara indrawi. Atribut tersebut meliputi parameter kenampakan seperti warna, tekstur dan rasa. Sedangkan menurut Hubeis, mutu diartikan sebagai derajat penerimaan konsumen terhadap produk yang dikonsumsi berulang dalam arti seragam atau konsisten dalam standar dan spesifikasi terutama sifat indrawinya. Adapun Fardiaz mendefinisikan mutu sebagai karakteristik menyeluruh dari suatu wujud, apakah itu produk, kegiatan, proses, organisasi atau manusia, yang menunjukkan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan yang telah ditentukan.

Baik mutu maupun kualitas yang terkait dengan karakteristik sebuah produk, dibedakan bahwa mutu merupakan karakteristik fisik atau yang tampak meliputi penampilan, dan karakter tersembunyi atau nilai intrinsik sebuah produk, sedangkan kualitas secara umum dapat dikatakan karakter ukuran, jenis, atau nilai tambah-nya (memiliki satu sifat).

Mutu dapat mengalami penurunan akibat berbagai perlakuan terhadap produk tersebut baik yang disengaja maupun faktor alami. Sedangkan  kualitas merupakan sesuatu yang melekat pada hasil akhir dari sebuah barang saat diproduksi. Dapat dikatakan, perbedaan  jelas antara mutu dan kualitas yaitu mutu merupakan kandungan dari barang tersebut sedangkan kualitas merupakan tingkat kebagusan dari barang yang bersangkutan. (Tien/Dyah)     

Leave a Reply

Your email address will not be published.