Perkembangan Coffee Shop di Indonesia, Wajib Anda Ketahui!

Saat ini, dunia kuliner tengah mengalami kepopuleran. Makanan dan minuman kreatif dan unik menjadi ladang usaha para pebisnis. Jumlah permintaan yang semakin meningkat mengartikan bahwa masyarakat menyukai terobosan baru tersebut. Tak terkecuali, kedai kopi atau coffee shop yang mengalami perkembangan yang signifikan. Selain disebabkan oleh perkembangan teknologi saat ini, pemanfaatan sebagai sarana feedback antara pelanggan dan pemilik menjadi titik keberlangsungan kedai kopi.

Keberadaan coffee Shop sedang menjamur di berbagai tempat, baik perkotaan maupun pelosok desa. Kehadiran coffee shop di Indonesia dimulai dari ekspansi perusahaan Starbucks Coffee yang masuk ke Indonesia pada tahun 2002. Keberhasilan Starbuck menjadi modal utama dalam pengembangan coffee shop lokal saat ini. Starbucks memiliki konsep menjadi tempat ketiga untuk menikmati kopi setelah rumah dan kantor.

Starbucks memiliki konsep menjadi tempat ketiga untuk menikmati kopi setelah rumah dan kantor by instagram @starbucksindonesia

Pelanggan yang datang tidak hanya mendapatkan kopi, namun juga bisa menghabiskan waktu bersama komunitasnya atau malah sekadar hang-out. Kehadiran Starbucks telah mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia dalam meminum kopi, baik kalangan muda maupun kalangan tua. Pertumbuhan coffee shop di Indonesia diperkirakan akan terus berkembang.

Perkembangan tersebut dapat dilihat dari banyaknya coffee shop yang dibuka di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan kota besar lainnya. Tidak semua orang bisa membeli Starbucks karena permasalahan harga yang tinggi serta kehadiran coffee shop tersebut penyebarannya belum melebar ke berbagai daerah. Maka dari itu, muncullah penguasaha-pengusaha dari Indonesia untuk membuka coffee shop dengan harga yang lebih terjangkau dan fasilitas yang memadai agar membuat pelanggannya ingin terus berada di coffee shop tersebut.

kopi dari coffee shop bisa dibeli melalui online by instagram @kopijanjijiwa

Memiliki aktivitas yang padat dan ingin meminum kopi dari coffee shop membuat para pelanggan ingin membelinya melalui online, seperti GoJek dan Grab. Kini, coffee shop di Indonesia semakin melebarkan sayapnya, seperti Kopi Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Tuku Kopi, dan coffee shop lainnya. Selain bisa membeli melalui online, pembeli juga bisa mendapatkan promo menarik sehingga membeli kopi dengan harga yang lebih terjangkau.

Kopi Kenangan merupakan salah satu coffee shop Indonesia by instagram @kopikenangan.id

(Zul/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.