Sejarah Peluncuran Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Pada tahun 2016, Kementerian Komunikasi dan Informartika Republik Indonesia bersama dengan KIBAR sebagai operator nasional secara resmi meluncurkan ‘Gerakan Nasional 1000 Startup Digital’ di Jakarta. Dalam acara tersebut, Menteri Kominfo, Rudiantara menyampaikan bahwa peluncuran program tersebut adalah bentuk pergerakan baru di industri digital.

Sejarah Peluncuran Gerakan Nasional 1000 Startup Digital by telko
Sejarah Peluncuran Gerakan Nasional 1000 Startup Digital by telko

Rudiantara menjabarkan beberapa hal yang terkait industri digital, salah satunya mengenai bagaimana perkembangan industri digital saat ini yang akan berpengaruh terhadap GDP (Gross Domestic Bruto) Indonesia.

Rangkaian Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di kota Bandung by digital

“Jika dibandingkan dengan negara lain, hanya Singapura yang mengalahkan Indonesia dari sisi e-commerce, atau lebih luas lagi yakni digital economy. Hitung punya hitung, kalau tahun 2020 target kita tercapai Rp130 miliar untuk e- commerce, GDP kita pada saat itu high single digital udah 9%,” ucap Rudiantara.

Perkembangan industri digital di Indonesia, menurut Rudiantara akan sangat bergantung dengan komitmen pemerintah. Oleh karena itu, dirinya memastikan pemerintah akan bekerja keras menyiapkan kebijakan yang dapat mendorong perkembangan industri digital.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dipilih menjadi bentuk pergerakan baru di industri digital yang dimulai dari 10 kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. Dari 10 kota tersebut akan didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya, sekaligus juga menyediakan co-working space agar para pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat, baik dalam level lokal maupun nasional.

peluncuran Geakan Nasional 1000 Startup Digital by kominfo

Gerakan ini diharapkan akan melahirkan entrepreneur baru yang akan menjadi awal untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia. “Kalau buat saya ini historical moment, bersejarah. Satu titik penting dalam sejarah digital Indonesia,” komentar Enda Nasution, seorang tokoh yang mendapat julukan Bapak Blogger Indonesia. (Laras/Dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.